Hujan deras, Pintu Air Manggarai masih normal

Senin, 07 Mei 2012 - 12:20 WIB
Hujan deras, Pintu Air Manggarai masih normal
Hujan deras, Pintu Air Manggarai masih normal
A A A
Sindonews.com – Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota sejak pagi hingga kini, tak berdampak pada Pintu Air Manggarai. Kondisi air masih normal dengan ketinggian 700 centimeter.

"Hujan lokal hari ini tika akan menimbulkan banjir. Namun pasti ada genangan-genangan air dibeberapa wilayah seperti di Kebon Nanas, Jakarta Timur. Ini dikarenakan saluran air tersebut kurang berfungsi dengan bik," ujar Petugas Pintu Air Manggarai Dion Santoso di ruang kerjanya, Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (7/5/2012).

Ditambahkan dia, pada pukul 10.00 WIB, ketinggian air mencapai 720 cm dan itu masih normal. Bahkan, hingga pukul 11.30 WIB, ketinggian air tidak mengalami peningkatan. Sebaliknya, turun menjadi 700 cm. Hujan deras yang terjadi hari ini, diprediksi tidak akan menyebabkan banjir.

"Jika air di Katulampa sudah mencapai 80 cm pasti bebarapa wilayah di Jakarta seperti di Kampung Melayu dan Bukit Duri pasti banjir. Bogor, untuk saat ini belum turun hujan tapi sudah mendung. Sedngkan Depok sudah diguyur hujan," tambahnya.

Kendati begitu, pihaknya tetap waspada dengan ancaman banjir bisa datang kapan saja. Bahkan, kepada Ketua RT yang wilayahnya menjadi langganan banjir, saat ini sudah difasilitasi dengan radio HT untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi jika butuh proses evakuasi cepat.

"Jadi mereka bisa memantu dari radio tersebut mengenai informsi ketinggian di pintu air Katulampa," tutupnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, awan hitam mulai menyelimuti Jakarta sejak pukul 07.00 WIB pagi tadi. Bahkan di beberapa kawasan penunjang seperti Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, hujan sudah turun dengan derasnya. Cuaca mendung seperti ini sudah menyelimuti Jakarta sejak Minggu 6 Mei 2012 kemarin. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5458 seconds (0.1#10.140)