Parpol tak bisa remehkan calon dari independen

Kamis, 22 Maret 2012 - 20:57 WIB
Parpol tak bisa remehkan calon dari independen
Parpol tak bisa remehkan calon dari independen
A A A
Sindonews.com - Jalur independen merupakan mekanisme politik dan demokrasi yang diakui undang-undang. Jadi, tidak boleh dihalangi. Partai-partai tak semestinya meremehkan calon yang menempuh jalur ini.

Salah seorang bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria, mengaku pihaknya tak mempermasalahkan jika ada calon lain dari jalur partai politik (parpol) yang meremehkan bakal calon dari jalur independen.

"Ya kalau ada orang parpol yang menyampaikan itu, silahkan saja, pilihan parpol belum tentu menang" ujarnya yang berpasangan dengan Hendardji Supandji kepada wartawan di aula Jakarta Media Center (JMC), jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2012).

Meski merasa diremehkan, pihaknya yakin mampu menggalang banyak dukungan dari sejumlah warga DKI Jakarta.

"Tapi kenyataannya, kami mampu mengumpulkan 680 ribu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dukungan. Dan mendapat dukungan yang nyata. Jadi, kalau penduduk 10 juta, jumlah pemilih 7,5 juta. Dan katakanlah 30 persen ada yang Golput atau pemilih sahnya 6 juta, berarti kalau kami memiliki dukungan nyata 680 ribu KTP, artinya kami memiliki modal lebih dari 10 persen," tambahnya.

Hal ini, sambung Riza, bukan wacana, melainkan bukti kongkret. "Parpol bukan penentu kemenangan. Yang menentukan kemenangan itu adalah masyarakat. Anda kan tinggal bisa pilih, pilih dari parpol atau dari independen. Semua ada plus minus nya," pungkasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5285 seconds (0.1#10.140)
pixels