Senin, izin trayek Karunia Bakti dicabut

Sabtu, 11 Februari 2012 - 15:45 WIB
Senin, izin trayek Karunia Bakti dicabut
Senin, izin trayek Karunia Bakti dicabut
A A A
Sindonews.com - Insiden kecelakaan transportasi umum terutama darat setidaknya terjadi dua kali dalam sepekan ini. Hal memprihatinkan itu tak bisa dibiarkan.

Pemerintah pun bertindak tegas terhadap perusahaan angkutan umum yang dinilai kurang memperhatikan keselamatan penumpangnya termasuk terhadap bus Karunia Bakti yang menabrak secara beruntun di Jalan Cisarua Puncak Bogor, Jumat 10 Februari 2012 sekira pukul 18.15.

Dirjen Perhubungan Darat, Suroyo Ali Muso mengancam akan mencabut izin trayek perusahaan bus yang menyebabkan tewasnya 14 orang dan 47 luka-luka itu. Tak main-main, bahkan pihaknya berjanji akan melaksanakan ancaman izin trayek itu pada Senin mendatang.

"Akan kami berikan sanksi, penegakan hukumnya terhadap kendaraan ini (Bus Karunia Bhakti) akan kami cabut izinnya," ujar Suroyo kepada wartawan saat meninjau lokasi tempat kejadian kecelakaan (TKP) Jalan Raya Puncak Cisarua, Sabtu (11/2/2012).

Dia mnyampaikan, setelah dicabut nanti, nomer trayek bus itu tak boleh diisi oleh kendaraan lain. "Kami ingin segera melakukan penandatanganan itu, tapi hari minggu tak boleh melakukan penandatanganan, maka penandatanganan pencabutan izin kami lakukan Senin lusa," tegasnya.

Setelah dicabut, selanjutnya, perusahaan angkutan umum itu akan diaudit dan ditinjau untuk mengetahui sejauh mana penerapkan sistem keselamatan penumpang. "Setelah penandatangani, kami langsung adakan audit terhadap perusahaan, kami klarifikasi bersama pihak kepolisian. Bagimana perusahaannya, bagiamana cara memanage perusahaan dan lain-lain,"ujarnya.

Suroyo mengaku sangat prihatin dengan kejadian itu. Dia juga memberikan apresiasi kepada aparat kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan warga sekitar yang dengan suka rela gotong-royongnya mengevakuasi para korban kecelakaan itu hingga pagi tadi.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7993 seconds (0.1#10.140)