Cegah Penularan Covid-19, Bekasi Berlakukan 11 Pasar Online

Kamis, 09 April 2020 - 11:24 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Bekasi Berlakukan 11 Pasar Online
Cegah Penularan Covid-19, Bekasi Berlakukan 11 Pasar Online
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi merancang sistem transaksi daring atau online untuk pembelian barang kebutuhan pokok di pasar. Pasar online ini merupakan upaya dari pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 . Penyediaan program ini dimaksudkan agar masyarakat tetap aman saat berada di rumah.

Kasubbag Publikasi Eksternal Humas Setda Kota Bekasi, Indah Indri Hadsari mengatakan, tantangan pencegahan penularan Corona tidak hanya saat harus tetap berada di rumah. Kebutuhan pangan yang harus dibeli juga seyogianya dijalankan dengan protokol sendiri agar tak tertular virus Corona.

"Dalam upaya pencegahan Corona danmembuat masyarakat aman serta bisa memenuhi kebutuhan pokoknya," kata Indah kepada SINDOnews, Kamis (9/4/2020). (Baca juga: Anies Koordinasikan PSBB DKI dengan Jabar dan Banten )

Menurut dia, pemerintah memberlakukan pasar online ini agar masyarakat bisa belanja secara jarak jauh (melalui smartphone). Caranya, kata dia, konsumen memesan melalui koordinator atau WA ke pedagang dengan menyebutkan jenis belanjaan dan alamat, selanjutnya koordinator akan menyiapkan barang sesuai pesanan untuk diantarkan melalui kurir atau ojek ke alamat pemesan tersebut.

Kemudian, pembayaran dilakukan setelah pesanan diterima oleh pemesan yang kemudian membayar melalui kurir atau ojek secara tunai berikut ongkos kirim (ongkir). Misalnya pilih Pasar Wisma Asri Bekasi Utara. Sesudah itu ada daftar pedagang-pedagang di Pasar Wisma Asri dan nomor teleponnya. (Baca juga: 13 Warga Kota Bekasi Sembuh dari Virus Corona )

Selanjutnya masyarakat tinggal menghubungi dan melakukan negosiasi tawar menawar dengan masing-masing pedagang. Setelah sudah sepakat, maka barang yang dipesan akan diantarkan oleh ojek online. "Tinggal pesan, lalu membeli dan dikirimkan menggunakan jasa pengantaran ojek online," ungkapnya. (Baca juga: 99 Orang Sembuh, Tangsel Optimistis Pandemi Virus COVID-19 Akan Berakhir )

Adapun pasar yang sudah bisa dipesan warga Kota Bekasi melalui online itu di antaranya ada di 11 pasar online:
1. Pasar Kranji Baru
2. Pasar Harapan Jaya
3. Pasar Bantargebang
4. Pasar Jatiasih
5. Pasar Bintara
6. Pasar Wisma Asri
7. Pasar Atrium Pondokgede
8. Pasar Baru Bekasi
9. Pasar Teluk Buyung
10. Pasar Kranggan
11. Pasar Family Mart

Indah menambahkan, sebelas pasar tersebut merupakan pasar tradisional yang menyediakan sembilan kebutuhan bahan pokok. Diharapkan dengan belanja online ini dapat berjalan dengan lancar dan baik serta dapat diterima oleh masyarakat guna memberikan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan di rumah.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7219 seconds (0.1#10.140)