Viral, Polisi Telusuri APD Dibuang ke Selokan di Jagakarsa

loading...
Viral, Polisi Telusuri APD Dibuang ke Selokan di Jagakarsa
Viral, Polisi Telusuri APD Dibuang ke Selokan di Jagakarsa
A+ A-
JAKARTA - Dunia maya dihebohkan dengan adanya sebuah video yang merekam alat pelindung diri (APD) untuk menangani pasien virus Corona atau Covid-19 dibuang dan ditemukan warga di saluran air. Pihak kepolisian pun turun langsung mengecek kebenaran info tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, tempat kejadian perkara (TKP) viralnya video itu ada di Jalan RM Kahfi 1 RT009/06 Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pihak kepolisian juga sudah memeriksa beberapa saksi dari masyarakat sekitar.

"Dari keterangan saksi pada hari Selasa tanggal 7 April 2020, sekitar 16.00 WIB ditemukan diduga baju APD di TKP," katanya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/4/2020). (Baca juga:Ini yang Dilakukan TNI dan Polri saat Pemberlakuan PSBB di Jakarta)

Menurut saksi yang sudah diperiksa, kata Yusri, APD itu ditemukan setelah dibuang oleh seseorang yang berada di mobil ambulans. Namun, sambungnya, saksi tidak tahu ambulans itu dari rumah sakit mana.

"APD itu dibuang dari mobil ambulans yang terparkir di depan TKP namun pengemudi tidak ada yang turun. Ciri-ciri mobil ambulansnya ada motif garis-garis," kata Yusri. (Baca juga:PSBB Jakarta, Bus Dilarang Masuk Ibu Kota Pukul 18.00 WIB)



Selanjutnya, pihak RW dikatakan Yusri memilih untuk memusnahkan APD itu dengan cara dibakar. Namun sebelum dibakar ada warga yang merekam dan memviralkan video penemuan APD itu. (Baca juga:Polda Metro Jaya Bentuk Tim Khusus Pengawalan Jenazah Pasien Corona)

"Pada pukul 21.00 WIB Ketua RW 06 bersama anak karang taruna RW 06, atas saran Kepala Puskesmas Jagakarsa membakar baju diduga APD itu dengan cara disemprot dulu menggunakan cairan disinfektan terlebih dahulu dan disiramkan bensin," papar Yusri.

Saat ini pihak kepolisian masih menyelidiki kasus tersebut. Pihak kepolisian akan menyisir puskesmas hingga rumah sakit di wilayah Jagakarsa untuk memastikan apakah ada tenaga medis di sana yang sengaja membuang APD itu.

"Rencana tindak lanjut anggota Reskrim Polres dan Polsek masih meminta keterangan saksi yang melihat dan menyisir ke puskesmas dan RS wilayah Jagakarsauntuk mengecek apa ada yang membuang APD di wilayah Jagakarsa," kata Yusri.

Video viral penemuan APD itu tersebar di media sosial Instagram salah satunya @jakarta.terkini. Dalam video itu, terlihat sebuah APD lengkap ditemukan disebuah saluran air rumah warga. "Ada APD lengkap sama sarung tangan di dekat Gang Harapan 1 nih. Nih yang buang mobil ambulans UGD dua biji sore nggak tahu dari mana. Dekat rumah Pak RW 06," kata salah satu orang di video viral tersebut.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top