Pemkab Bekasi Siapkan 4 Lokasi Karantina ODP-PDP Corona

Jum'at, 03 April 2020 - 13:46 WIB
Pemkab Bekasi Siapkan 4 Lokasi Karantina ODP-PDP Corona
Pemkab Bekasi Siapkan 4 Lokasi Karantina ODP-PDP Corona
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi tengah menyiapkan beberapa lokasi untuk dijadikan tempat karantina kesehatan bagi warga yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) maupun Pasien Dalam Pemantauan (PDP). Sebab, kasus Covid -19 semakin melonjak setiap harinya.

Adapun empat lokasi yang disiapkan itu berada di RSUD Cabangbungin, Balai Pelatihan Kesehatan Lemahabang milik Kementerian Kesehatan RI, dan dua tempat milik swasta yaitu Student Home President University serta President University Convention Center di Kawasan Jababeka, Cikarang Utara.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmadja mengatakan, empat lokasi ini sedang dipersiapkan untuk warganya dengan status ODP dan PDP di Kabupaten Bekasi.”Lokasi ini dikhususkan untuk menangani warga dengan status ODP dan PDP. Yang positif di RSUD Cibitung dan 10 rumah sakit rujukan,” kata Eka pada Jumat (3/4/2020).

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 hingga Jumat (3/4/2020) pukul 07.05 WIB. ODP sebanyak 836 orang. Rincian 588 orang dalam pemantauan, 248 orang selesai pemantauan. Sedangkan, PDP berjumlah 183 orang. Rincian 135 dalam pengawasan, 48 orang selesai pengawasan.

Sementara kasus terkomfirmasi positif Covid-19 sebanyak 23 kasus. 15 orang dalam perawatan di rumah sakit rujukan di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Kemudian 4 orang meninggal dunia dan empat orang dinyatakan sembuh dan sudah pulang kembali berkumpul dengan keluarganya.

Eka mengapresiasi peran aktif seluruh pihak termasuk dunia usaha dalam membantu pemerintah menangani wabah Covid-19.”Saya apresiasi pihak swasta dalam hal ini Jababeka sebagai bentuk CSR-nya telah membantu pemerintah daerah menyediakan tempat karantina kesehatan,” tegasnya.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Kordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, dua lokasi di Jababeka ini nantinya akan disiapkan sekitar 300 bed yang akan ditempati oleh warga berstatus ODP.”Khusus untuk karantina dengan status ODP dan PDP,” katanya.

Selain itu, pemerintah daerah juga tengah menyiapkan fasilitas-fasilitas lainnya secara gratis seperti dapur umum dan tenaga kesehatan pendamping.“Saat ini semuanya sedang dipersiapkan, baik sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan yang nanti akan mendampingi mereka,” jelasnya.

Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan RSUD Cabangbungin sebagai rumah sakit penanganan kasus Covid-19. Nantinya akan disediakan kurang lebih 61 bed yang diperuntukan bagi warga yang berstatus ODP dan PDP.“Jadi ada empat lokasi karantina,” ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8626 seconds (0.1#10.140)