Takut Tertular, Warga Serpong Tolak Pemakaman Pasien Corona

Selasa, 24 Maret 2020 - 06:03 WIB
Takut Tertular, Warga Serpong Tolak Pemakaman Pasien Corona
Takut Tertular, Warga Serpong Tolak Pemakaman Pasien Corona
A A A
TANGERANG SELATAN - Tidak adanya sosialisasi dan informasi yang valid tentang wabah virus Corona di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), menimbulkan kepanikan dari masyarakat.

Jauh lebih buruk, warga yang cemas dengan penyebaran virus Corona yang sangat cepat pun akhirnya panik. Bahkan berimbas, pada aksi spontan menolak lingkungan rumahnya dijadikan tempat pemakaman pasien Corona.

Aksi penolakan warga ini terjadi disejumlah tempat. Warga khawatir, mayat pasien Corona akan menimbulkan wabah penyakit yang telah menelan 4 korban jiwa tersebut.

Kiki, salah seorang warga Kavling, RT01/04, Serpong, mengatakan, warga menolak korban meninggal akibat positif virus Corona dimakamkan di area pemakaman Bingbin yang dekat lingkungannya.

"Tadi itu ada 30 orang yang kumpul. Mereka takut tertular virus Corona dari yang dikubur itu," kata Kiki di lokasi, Senin 23 Maret 2020. (Baca Juga: Kasus Baru Virus Corona di Korsel Turun ke Level Terendah
Menurutnya, warga cemas jika virus Corona dari jenazah yang dimakamkan akan menular. Warga akhirnya berkerumun. Aksi warga ini sempat menimbulkan kecemasan, apalagi sempat beredar pesan berantai.

"Ya, tadi kami memang melihat ada pesan berantai yang mengatasnamakan Lurah Serpong Iing Solihin. Pesan itu bertuliskan, bahwa TPU di kawasan itu dijadikan tempat pemakaman pasien Corona," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengaku, pihaknya masih belum mendapatkan laporan terkait aksi penolakan warga Serpong dari jajarannya. (Baca Juga: Kemendikbud-DPR Sepakat UN SD hingga SMA Ditiadakan
Dia pun berharap, warga dapat mengerti hal ini. Karena wabah virus ini sudah meluas, dan jenazah yang telah dikubur tidak akan menularkan warga lain dan menimbulkan wabah Corona baru di lingkungan makam itu.

"Saya belum mendapat info itu, tapi saya berharap tidak terjadi seperti itu. Saya sampaikan kepada warga bahwa pasien yang dimakamkan aman buat lingkungan, tidak akan menularkan wabah ke warga," tukasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5228 seconds (0.1#10.140)