alexametrics

Basmi Corona, Warga Pulo Nyamuk Semprotkan Disinfektan Door to Door

loading...
A+ A-
JAKARTA - Guna mencegah mewabahnya virus Corona, berbagai upaya pun dilakukan. Salah satunya dengan menyemprot cairan disinfektan di lingkungan rumah warga.

Seperti yang dilakukan di lingkungan rumah warga Pulo Nyamuk, Kelurahan Parung Serab, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang. Cairan disinfektan disemprot dari pintu ke pintu, seperti pencegahan wabah demam berdarah.

Ketua RT01/06 Parung Serab Hermansyah mengatakan, kegiatan ini dilakukan atas inisiatif warga dan berdasarkan swadaya dari masyarakat. Cairan disinfektan pun dibuat dengan cara bahan yang beli sendiri.



"Ya, jadi kita datangi ke rumah-rumah warga sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona," kata Herman disela foging cairan disinfektan, Pulo Nyamuk, Tangerang, Minggu (22/3/2020). (Baca juga: Lewat Surat, Trump Ajak Jong-un Kerja Sama Perangi Covid-19)

Dilanjutkan Herman, cairin disinfektan yang disemprotkan ke rumah warga, diracik sendiri atas petunjuk petugas ahli kesehatan dengan menggunakan bahan cairan yang mudah dibeli warung sembako milik warga.

"Ada 4 bahan cairan yang kita pakai, yakni pembersih lantai, pemutih baju, pewangi baju dan cairan karbol. Takarnya, 1 liter air bersih kemudian dicampur masing-masing dengan ukuran 2 tutup botol," terang Hermansyah.

Menurut Hermansyah, carian disinfektan yang dia racik sendiri, mampu membasmi bakteri yang menempel pada bagian rumah rumah warga, terutama virus Corona. (Baca juga: Cegah Corona, Kawasan Kota Tua Disemprot Disinfektan)

"Ya, tapi kita juga mengimbau masyarakat, khususnya di lingkungan RT01 agar mereka selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Mudah-mudahan dengan cara ini masyarakat terhindar dari wabah penyakit," paparnya.

Sementara itu, Roni Gatek, warga lingkungan itu mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya ketua lingkungan, meski penyemprotan dilakukan dengan cairan hasil racikan sendiri.

"Saya sangat mendukung. Apalagi kegiatan ini sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona. Saya harap, kegiatan terus dilakukan sampai wabah Corona dinyatakan selesai oleh pemerintah," pungkas Roni.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top