RSUD Cengkareng dan Pasar Minggu Diusulkan Jadi RS Rujukan Pasien Corona

Rabu, 04 Maret 2020 - 18:03 WIB
RSUD Cengkareng dan Pasar Minggu Diusulkan Jadi RS Rujukan Pasien Corona
RSUD Cengkareng dan Pasar Minggu Diusulkan Jadi RS Rujukan Pasien Corona
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengusulkan dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) miliknya menjadi Rumah sakit rujukan pasien virus Corona (Covid-19). Penambahan rumah sakit (RS) rujukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, penetapan rumah sakit rujukan pasien virus Corona itu kewenangan Pemerintah Pusat. Namun, saat ini DKI sedang mengajukan penambahan RS rujukan.

"Jadi yang di DKI awalnya tiga kami berproses penambahan RS rujukan sesuai assesment dan skala prioritas yang ditetapkan Kementerian Kesehatan," kata Widyastuti di BalaikotaDKI Jakarta, Rabu (4/3/2020). (Baca: RSUP Persahabatan Isolasi 10 Pasien Dalam Pengawasan Corona)

Widyastuti menjelaskan, RS yang diusulkan itu adalah RSUD Cengkareng dan Pasar Minggu. Alasanya karena lokasi keduanya berada di wilayah Selatan dan Barat Jakarta. Sehingga menutupi semua wilayah DKI Jakarta mengingat tiga RS rujukan yang ada saat ini berada di Jakarta Pusat, Utara dan Timur.

Terkait syarat dan fasilitas menjadi RS rujukan pasien virus Corona, Widyastuti menegaskan bahwa semua harus sesuai standar prosedur tetap (protap), SOP dan sesuai dengan buku pedoman yang ditetapkan kementrian kesehatan.
"Iya kami akan menyiapkan fasilitas (ruang isolasi)," ucapnya.

Diketahui sebelumnya, sedikitnya ada tiga RS rujukan pasien virus Corona di Jakarta, yaitu RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Subroto, dan Rumah Sakit Persahabatan, ketiganya milik pemerintah pusat.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7864 seconds (0.1#10.140)