Pemkab Bekasi Pastikan Hewan Peliharaan Mati Mendadak karena Keracunan

Rabu, 04 Maret 2020 - 16:01 WIB
Pemkab Bekasi Pastikan Hewan Peliharaan Mati Mendadak karena Keracunan
Pemkab Bekasi Pastikan Hewan Peliharaan Mati Mendadak karena Keracunan
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi memastikan hewan peliharaan yang mati mendadak di Perumahan Bumi Cahaya Residence, Desa Sindang Mulya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Selasa (3/3/2020) bukan disebabkan penyakit menular atau suspect flu burung melainkan keracunan makanan.

Hal itu ditegaskan melalui uji cepat rapid test terhadap bangkai unggas (ayam) yang dilakukan tim Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi. "Hasil tes negatif terhadap unggas seperti ayam, bukan flu burung," kata Kasie Pengamatan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dwian Wahyudiharto, Rabu (4/3/2020).

Sedangkan, hasil tes untuk kucing dan kambing yang mati tidak dijumpai tanda-tanda penyakit hewan menular. Berdasarkan hasil pemeriksaan diduga kematian ternak/hewan tersebut karena keracunan. "Kami masih melakukan pendalaman dan terus menguji sampel hewan-hewan itu," ucapnya.

Hewan yang mati mendadak yakni dua kambing, dua ayam, dan satu kucing. Sebelum hewan itu mati mendadak, hewan ternak dan peliharaan sempat mengalami kejang - kejang selama 10 menit kemudian mati. "Itu yang membuat warga di sana panik," kata Dwian. (Baca juga: Warga Cibarusah Bekasi Resah, Hewan Peliharaan Mati Mendadak)

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Nani Suwarni menambahkan untuk memastikan wilayah tersebut aman, pemerintah daerah telah melakukan langkah penyemprotan dengan disinfektan di lokasi terjadinya kematian hewan. "Langkah - langkah sudah kami lakukan sejak adanya laporan," ucapnya.

Selain penyemprotan, pemerintah daerah juga sudah mengubur dan membakar hewan-hewan tersebut. Sosialisasi juga sedang dilakukan. Untuk itu, masyarakat Kabupaten Bekasi jangan resah karena kematian hewan itu disebabkan keracunan makanan.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8538 seconds (0.1#10.140)
pixels