Pembangunan Sheet Pile Kali Ciliwung Terkendala Anggaran

Rabu, 04 Maret 2020 - 17:30 WIB
Pembangunan Sheet Pile Kali Ciliwung Terkendala Anggaran
Pembangunan Sheet Pile Kali Ciliwung Terkendala Anggaran
A A A
JAKARTA - Pembangunan sheet pile sepanjang Kali Ciliwung di Kelurahan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur tak kunjung dikerjakan lantaran terkendala anggaran yang belum tersedia di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Kebon Manggis Suprayogi mengatakan, panjang tanggul yang belum dikerjakan sekitar satu meter, mulai dari kantor Sekretariat Balai RW 03 sampai pintu air Indofarma. "Kami berusaha majuin program sheet pile ternyata karena anggaran belum tersedia, jadi belum bisa dilakukan," ujarnya, Rabu (4/3/2020). (Baca juga: Rawan Longsor, Warga Khawatir Kondisi Tanah di Bantaran Ciliwung)

Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) sebagai pihak yang memiliki wewenang dalam penataan bantaran Kali Ciliwung pernah menargetkan pada 2020 proyek tanggul segera dikerjakan.

Pembangunan tanggul di Kelurahan Kebon Manggis tinggal menunggu kesiapan BBWSCC. Pemkot Jakarta Timur hanya melakukan pencegahan yang sifatnya sementara dengan memasang bronjong kawat dan kayu dolken sebagai penopang jalan yang longsor agar tidak lebih meluas.

Diketahui, musibah tanah longsor di RT12/03 bukan yang pertama kali, sudah dua kali terjadi. Kejadian pertama pada 2018 lalu. (Baca juga: Hambat Akses Warga, Perbaikan Jalan Ambles Butuhkan Waktu 1 Bulan)
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6986 seconds (0.1#10.140)