Jalan Sudirman-Thamrin Jadi Opsi Arena Balapan Formula E

Jum'at, 07 Februari 2020 - 17:48 WIB
Jalan Sudirman-Thamrin Jadi Opsi Arena Balapan Formula E
Jalan Sudirman-Thamrin Jadi Opsi Arena Balapan Formula E
A A A
JAKARTA - Ruas Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, menjadi salah satu opsi arena penyelenggaraan balapan Formula E yang rencananya digelar pada Juli mendatang. Alasannya, ruas Jalan Sudirman-Thamrin dinilai sesuai standar Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, mengatakan, saat ini tim penyelenggara balap Formula E bersama dengan Tim FIA, sedang meninjau lokasi alternatif setelah pemerintah pusat melarang diselenggarakan di kawasan Monas. Salah satu opsi pilihan adalah ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

"Sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin belok sedikit ke Gelora Bung Karno (GBK)," ujar Hari Nugroho saat dihubungi, Jumat (7/2/2020). (Baca juga: Formula E Dilarang Melintasi Monas, DKI Cari Rute Baru)

Menurut Hari, Pemprov DKI Jakarta pastinya sudah menyiapkan alternatif lain ketika usulan awal, yakni Monas, tidak disetujui. Terpenting, kriteria lintasan balap menggunakan fred tiga.

Ia menyebutkan, semua jalan arteri atau protokol di Jakarta sudah memenuhi standar FIA untuk ajang balap Formula E. Nantinya, pihaknya akan mempersiapkan selama dua bulan untuk melayer (melapis) kembali aspal yang akan digunakan untuk balap internasional mobil listrik itu.

"Dari mereka mintanya minimal dua bulan sebelum balapan itu sudah dilayer jalannya," tukasnya. (Baca juga: Penyelenggara Formula E Butuh Waktu Seminggu Putuskan Rute Baru)

Meskipun sudah dilayer, lanjut Hari, masyarakat masih diperbolehkan untuk melintasi ruas jalan tersebut. Asalkan bukan dilintasi kendaraan yang bermuatan besar.

"Standarnya maksimal dua hari sebelum lomba ada penutupan, untuk pasang barrier tribun segala macem. Misalnya lomba Sabtu, ya Kamis-Jumat sudah tutup total lah. Lalu lintasnya benar-benar dialihkan total. Hanya official yang boleh mendekat," pungkasnya. (Baca juga: Dilarang di Monas, Dimana Lokasi Pas untuk Balapan Formula E?)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6484 seconds (0.1#10.140)