Polda Metro Gagalkan Penyelundupan Sabu Senilai Rp864 Miliar ke Jakarta

Kamis, 30 Januari 2020 - 21:18 WIB
Polda Metro Gagalkan Penyelundupan Sabu Senilai Rp864 Miliar ke Jakarta
Polda Metro Gagalkan Penyelundupan Sabu Senilai Rp864 Miliar ke Jakarta
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menyita sebanyak 288 kilogram narkoba jenis sabu yang hendak diselundupkan ke Jakarta, Kamis (30/1/2020). Bandar sabu tewas ditembak setelah melawan petugas.

"Ini hampir 300 kilogram. Jadi kalau dirupiahkan harga sabu per gram Rp3 juta, totalnya Rp864 miliar, suatu nilai uang yang sangat besar tentunya," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana di lokasi.

Nana menjelaskan, pengungkapan sabu tersebut bermula dari informasi yang diperoleh polisi bahwasanya pada pukul 05.00 WIB pagi tadi sebuah mobil box yang membawa barang haram itu akan masuk ke Ibu Kota. Mobil box itu berwarna silver dengan nomor polisi B 9004 PHX.

Setelah mendapat informasi tersebut, lantas polisi melakukan pemantauan di Jalan Tol Merak menuju Jakarta. Pasalnya, sabu masuk dari jalur laut. Sabu rencananya diedarkan di wilayah Ibu Kota.

Benar saja, pada pukul 14.00 WIB siang tadi, mobil yang dimaksud melintas dengan kecepatan tinggi di KM 23 Jalan Tol Jakarta Merak atau di sekitar Lippo Karawaci. (Baca juga: Modus Baru Penyelundupan Narkoba, Sabu Dicampur Dalam Abon Lele)

Anggota yang mengintai lantas mengejar. Setelah berhasil dipepet, mobil diminta menepi. Tapi, mobil bukannya berhenti dan malah terus tancap gas. "Di KM 23 ini kemudian dipepet dan sempat senggolan dengan kendaraan anggota, kemudian mereka sampai ke TKP (Tempat Kejadian Perkara)," jelasnya.

Karena masih tak mau berhenti, polisi pun memberikan tembakan peringatan. Bukannya menyerahkan diri, pelaku yang berjumlah tiga orang itu masih saja melawan. Pelaku malah menembak ke arah petugas. Beruntung tembakan tak mengenai anggota. (Baca juga: Selundupkan Sabu di Kaleng Saos, WN Afrika Tertangkap di Bandara Soetta)

Tidak mau juga menyerahkan diri alhasil polisi pun memberikan timah panas kepada tiga pelaku. Barulah setelahnya ketiganya lumpuh. Belakangan ketiganya diketahui bernama Gunawan, Amit, dan Ivan Aditya. Nyawa ketiga pelaku akhirnya melayang meski sempat dilarikan ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

"Sebanyak 288 kilogram sabu terbungkus dalam kotak tempat makan yang dimasukan dalam karung putih. Kami juga menyita satu senjata api milik pelaku," tukasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8500 seconds (0.1#10.140)