Tempat Pemotongan Unggas di Matraman dan Pulogadung Direlokasi

Kamis, 30 Januari 2020 - 14:07 WIB
Tempat Pemotongan Unggas di Matraman dan Pulogadung Direlokasi
Tempat Pemotongan Unggas di Matraman dan Pulogadung Direlokasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur merelokasi sebanyak 24 pemotongan unggas di permukiman warga Kecamatan Matraman dan Pulogadung pada Kamis (30/1/2020). Puluhan tempat pemotongan unggas tersebut bakal dipindahkan ke Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU), Rawa Ternate, Cakung, Jakarta Timur.

"Total semua 24 tempat pemotongan unggas direlokasi ke Rawa Teratai. Di Rawa Teratai tempatnya representatif, sangat baik dan standar internasional," kata Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, Kamis (30/1/2020).

Dia menuturkan, RPHU Rawa Ternate memiliki luas lahan yang cukup kompetebel untuk menampung semua penyedia jasa pemotongan unggas. "Kurang lebih ada 1 hektare 250 meter persegi dengan anggaran kurang lebih Rp54 miliar," tutur Anwar.

Anwar menjelaskan, pembangunan RPUH Rawa Ternate telah rampung dan siap untuk digunakan. Karena itu warga sekitar Matraman dan Puogadung tidak lagi terganggu akibat bau yang ditimbulkan dari tempat pemotongan unggas tersebut.

"Pak Gubernur membangun tempat itu sesuai keinginan masyarakat sekitar wilayah Jakarta Timur yang mengharapkan relokasi pemotongan unggas. Karena unggas ini termasuk ancaman buat warga, baunya luar biasa," ujar Anwar.

Anwar berharap dengan pemindahan tempat pemotongan unggas tersebut warga dapat lebih sehat dan lingkungan sekitar kembali asri. "Pemprobvv DKI berupaya untuk melakukan hal-hal atau terobosan-terobosan supaya masyarakat hidup sehat, hidup nyaman, kawasan-kawasan perumahan adalah untuk perumahan bukan untuk pemotongan unggas," ujar Anwar.

Terkahir dia mengatakan, proses pemindahan tempat pemotongan unggas di wilyah Matraman dan Pulogadung ditargetkan selesai pada hari ini. "Proses pemindahan dilakukan oleh Satuan Petugas Pemkot Jakarta Timur, seperti Satpol PP dan lainnya," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1405 seconds (0.1#10.140)
pixels