Cagar Budaya-Museum Mulai Diperhatikan, Bima: Betapa Dahsyatnya Sejarah Kota Bogor

Minggu, 19 Januari 2020 - 16:00 WIB
Cagar Budaya-Museum...
Cagar Budaya-Museum Mulai Diperhatikan, Bima: Betapa Dahsyatnya Sejarah Kota Bogor
A A A
BOGOR - Pemkot Bogor berencana memugar sejumlah benda cagar budaya dan museum-museum bersejarah yang ada di Kota Bogor di antaranya Situs Batu Tulis dan Museum Perjuangan. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat meninjau lokasi-lokasi peninggalan sejarah di wilayahnya.

Ada dua titik yang menjadi perhatian Pemkot Bogor khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat. Titik pertama Prasasti Batu Tulis di Bogor Selatan dilanjutkan Museum Perjuangan di Bogor Tengah.

Di Prasasti Batu Tulis, Bima mendapatkan penjelasan mengenai sejarah singkat situs tersebut didampingi juru kunci Prasasti Batu Tulis Sutirman. "Kami ingin situs-situs di Kota Bogor mulai diperhatikan. Kami akan membangun yang baru seperti Lawang Salapan, Lawang Suryakencana, sebelumnya juga sudah ada Tugu Kujang. Tapi, kami ingin yang sudah ada, yang menggambarkan betapa dahsyatnya sejarah Kota Bogor mulai diperhatikan," ungkapnya, Minggu (19/1/2020).

Untuk itu, pemkot juga akan menata secara menyeluruh kawasan ini, termasuk di dalamnya ada Museum Pajajaran. "Kami amankan dulu dari segi aspek cagar budayanya, ada Perwali, ada Perda. Kemudian bukan saja situs-situs purbakalanya, namun juga bangunan-bangunannya. Sebetulnya saya sudah minta beberapa tahun lalu, memang kendalanya ini tidak sepenuhnya dikelola Pemkot Bogor," ungkap Bima.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0807 seconds (0.1#10.140)