Bumi Ageung Batutulis Segera Dibangun, Pemkot Bogor Alokasikan Dana Rp16 Miliar

Kamis, 25 Mei 2023 - 17:44 WIB
loading...
Bumi Ageung Batutulis Segera Dibangun, Pemkot Bogor Alokasikan Dana Rp16 Miliar
Desain bangunan Bumi Ageung Batutulis yang akan dibangun di eks Gedung SDN Batutulis 2 dan 3, Jalan Batutulis, Kota Bogor. Foto: Dok Pemkot Bogor.
A A A
BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor segera membangun Bumi Ageung Batutulis di eks Gedung SDN Batutulis 2 dan 3. Biaya pembangunan dianggarkan Rp16 miliar.

"Insya Allah Bumi Ageung Batutulis yang luasnya 3.248 Meter ini akan dikerjakan tahun ini dengan anggaran Rp 16 miliar," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Iceu Pujiati, Kamis (25/5/2023).

Pembangunan Bumi Ageung Batutulis akan dilelang. Saat ini prosesnya sudah masuk ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa untuk lelang konsultan pengawas dan konstruksi.



Iceu mengatakan, jika pelaksanaan pembangunan tidak ada aral melintang, diperkirakan pada November 2023 Bumi Ageung Batutulis bisa rampung dan Desember diresmikan.

Bumi Ageung Batutulis ini bagian dari kawasan Situs Batutulis. Nantinya akan ada museum atau galeri yang diisi replika benda-benda pusaka dari Kerajaan Pajajaran, serta diorama dan storyline sejarah Bogor.

"Nanti di kawasan itu selain situs Batutulis, ada juga amphitheater, kafe, taman, rooftop dengan view Gunung Salak yang bisa dinikmati pengunjung Bumi Ageung Batutulis," jelasnya.



Bumi Ageung Batutulis ini bagian dari ikhtiar Pemkot Bogor memberi edukasi warga, termasuk generasi muda. Pada masa lampau Kota Bogor mempunyai sejarah erat dengan Kerajaan Pajajaran.

Tak hanya itu, Bumi Ageung Batutulis juga menjadi proyeksi destinasi wisata baru gratis di Kota Bogor sebagai bagian dari penunjang Situs Batutulis.

"Kami berharap Bumi Ageung Batutulis ini bisa jadi tempat edukasi terkait situs dan sejarah Bogor juga menjadi destinasi wisata yang bisa dinikmati gratis warga Kota Bogor dan luar Kota Bogor," tutupnya
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)