Mulai Februari, Seluruh Bus GR dan Wisata Transjakarta Dipasang Alat TOB

Minggu, 12 Januari 2020 - 20:05 WIB
Mulai Februari, Seluruh Bus GR dan Wisata Transjakarta Dipasang Alat TOB
Mulai Februari, Seluruh Bus GR dan Wisata Transjakarta Dipasang Alat TOB
A A A
JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan melakukan pemasangan Tap On Bus (TOB) pada seluruh rute bus GR dan bus wisata. Pemasangan ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan cita-cita Jakarta sebagai smart city dan mewujudkan upaya mandiri bertransportasi.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Nadia Diposanjoyo menyampaikan, kebijakan baru ini akan diberlakukan mulai tanggal 1 Februari 2020 mendatang. “Jadi, mulai tanggal tersebut, pelanggan yang akan menggunakan layanan tersebut wajib tap in dan tap out di dalam bus,” ujar Nadia di Jakarta, Minggu (12/1/2020).

Tap in dan tap out dalam bus ini, akan membantu Transjakarta untuk merumuskan formula layanan baru atau berbagai penawaran lain yang sesuai dengan kesukaan pelanggan, meskipun ini rute gratis. "Contohnya adalah penggunaan kartu Jaklingko yang apabila dilakukan tap out pada saat naik mikrotrans, maka akan dapat menikmati potongan tarif lanjutan,” sambung Nadia.

Nadia menambahkan, meski diwajibkan untuk melakukan tap in dan tap out, pelanggan tetap dapat menikmati layanan ini secara gratis dan kartu tidak terdebit. Sehingga pelanggan tidak lagi diberikan tiket sobek seperti biasanya dan harus memiliki kartu elektronik untuk dapat menikmati kedua layanan tersebut.

“Pelanggan harus punya kartu pembayaran elektronik sebelum menggunakan kedua layanan ini. Pelanggan juga bisa menggunakan kartu yang dikeluarkan Pemprov DKI, yaitu kartu JakLingko. Dengan satu kartu pelanggan bisa menikmati berbagai moda transportasi lainnya, salah satunya layanan Mikrotrans JakLingko,” terang Nadia.

Adapun rute GR dan Rute Wisata Mulai diberlakukan TOB pada tanggal 02 Februari 2020 adalah :
*Rute GR1. Bundaran Senayan – Harmoni*
*Rute GR2. Tanah Abang Explorer*
*Rute BW1. Wisata Sejarah Jakarta*
*Rute BW2. Wisata Jakarta Modern*
*Rute BW3. Wisata Kesenian dan Kuliner*
*Rute BW4. Wisata Pencakar Langit Jakarta*
*Rute BW5. Wisata Ruang Terbuka & Kalijodo*
*Rute BW6. Wisata Cagar Budaya Jakarta*
*Rute BW7. Wisata Belanja Jakarta*

Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah rampung melakukan pemasangan Tap On Bus (TOB) di seluruh rute Non Bus Rappid Transit (BRT).

Pemasangan ini selesai dikerjakan pada 10 Desember 2019 lalu. Dengan begitu, total sudah sebanyak 33 rute milik perseroan yang telah terpasang TOB.

Sebagai tambahan, guna meningkatkan budaya mandiri bertransportasi, Perseoran juga menerapkan sistem Wayfinding atau pengarah perjalanan.

Adapun sistem menggunakan suara di dalam bus yang menggunakan pengeras suara sebagai pengarah perjalanan. Selain itu, terdapat juga peta rute yang terletak di atas pintu bus dan petugas yang selalu siaga membantu pelanggan di halte-halte milik TransJakarta yang ada serta mewajibkan pelanggan untuk Tap in dan Tap Out.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7186 seconds (0.1#10.140)