Atap JPO Sudirman Dicopot, Kadis Bina Marga: Konsepnya Memang Terbuka

Kamis, 07 November 2019 - 23:04 WIB
Atap JPO Sudirman Dicopot, Kadis Bina Marga: Konsepnya Memang Terbuka
Atap JPO Sudirman Dicopot, Kadis Bina Marga: Konsepnya Memang Terbuka
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI membuka atap jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Pemprov DKI berdalih, akan membuat konsep terbuka di JPO tersebut agar pengguna bisa melihat view yang bagus.

Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho menjelaskan alasan pencopotan atap Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sudirman. "JPO atapnya dibuka memang konsepnya itu kamu nyeberang itu terbuka, turun juga terbuka, jadi konsepnya memang terbuka," ujar Hari saat dihubungi, Kamis (7/11/2019).

Hari menambahkan, alasan lainnya agar ada pengalaman baru bagi penyeberang jalan. "Jadi kalau terbuka itu bisa melihat view dari Thamrin-Sudirman trotoar yang udah gede lebar dan bagus kemudian view ke gedung-gedung tinggi, menambahkan suasana dan pengalaman lain," tambahnya.

Hari melanjutkan, selain untuk pejalan kaki, JPO juga dapat untuk swafoto alias berselfie ria. JPO tanpa atap tersebut merupakan konsep baru.

"Instagrammable lah. Seperti yang di spot budaya dua, itu kan begitu naik paling atas langsung lihat patung Sudirman. Ya ini konsep baru. Kan belum pernah ada JPO terbuka. Dan tentunya menjadi wajah baru Jakarta," ujarnya.

Meskipun merupakan konsep baru, namun ia menjamin tidak akan mengurangi fungsi dan juga keindahan dari JPO itu sendiri.

"Iya desainnya nanti otomatis. Kalau masalah warna warni lampu nanti gak kalah menarik juga sama yang di Bundaran Senayan, di GBK maupun Polda. Nanti kita juga buat lampunya warna warni," ujarnya.

Lampu untuk penerangan JPO dibuat di lantai seperti di kabin pesawat terbang. "Seperti di pesawat terbang itu kan kalau gelap lampunya di bawah. Jadi orang kalau jalan tetap terang," tutup Hari.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7011 seconds (0.1#10.140)