Tingkatkan Interaksi Sosial, Anies Resmikan Spot Budaya 2 Dukuh Atas

Minggu, 18 Agustus 2019 - 17:30 WIB
Tingkatkan Interaksi Sosial, Anies Resmikan Spot Budaya 2 Dukuh Atas
Tingkatkan Interaksi Sosial, Anies Resmikan Spot Budaya 2 Dukuh Atas
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan kemajuan kota dan teknologi membuat Pemprov DKI Jakarta mendorong masyarakat untuk lebih berinteraksi melalui hadirnya ruang ketiga. Salah satu ruang ketiga yang dimaksud ialah ruang sosial, seperti Spot Budaya 2 Dukuh Atas, Jakarta Selatan yang baru diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Anies mengatakan, ruang ketiga merupakan ruang sosial di luar ruang pertama (rumah) dan ruang kedua (kantor, sekolah, dll) yang merupakan wadah untuk menyalurkan ekspresi seni dan budaya. Spot Budaya 2 Dukuh Atas merupakan salah satu perwujudan ruang ketiga tersebut.

Menariknya, Spot Budaya 2 Dukuh Atas dibangun di dekat sejumlah fasilitas transportasi publik seperti Halte Transjakarta Dukuh Atas 1 dan 2, Stasiun MRT Dukuh Atas, dan Stasiun KRL Sudirman. "Keberadaan Spot Budaya 2 Dukuh Atas diharapkan mampu dimanfaatkan seluruh lapisan kelas sosial ekonomi masyarakat sehingga terjalin interaksi lintas kelas di dalamnya dan menghapus kesenjangan," kata Anies pada Minggu (18/8/2019).

Menurut Anies, dengan hadirnya ruang ketiga, segala lapisan masyarakat dapat berbaur tanpa sekat. “Bagaimana membuat masyarakat di seluruh lapisan berinteraksi? Maka kami siapkan ruang ketiga, apa cirinya? yakni adanya kesetaraan, dan Insya Allah tempat ini akan membuat setara semua,” ujarnya.

Spot Budaya 2 ini dikerjakan sejak Maret 2019 dengan menggunakan dana pemenuhan kewajiban pelampauan nilai KLB (Koefisien Lantai Bangunan) dari PT. Kepland Investama dengan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi.
Anies berharap, tempat tersebut menjadi media atau ruang untuk masyarakat dapat mengekspresikan diri, berinteraksi, dan berbaur dengan berbagai lapisan masyarakat tanpa memandang perbedaan strata sosial dan ekonomi.

Sekadar informasi, terdapat lima spot yang dapat dinikmati masyarakat di area Spot Budaya 2. Pertama, taman atau mini hutan tropis sebagai ruang penghijauan, lalu ada spot seni budaya untuk ruang untuk aktivitas seni dan kebudayaan, seperti musik, stand up comedy, dan lain-lain.

Di samping itu juga terdapat skate park untuk tempat aktivitas olahraga skateboard. Bahkan area ini dilengkapi juga dengan spot edukasi sebagai media pembelajaran masyarakat untuk mengetahui pemanfaatan ruang bawah tanah sebagai penempatan jaringan utilitas, seperti fiber optik, gas, jaringan air bersih, jaringan air limbah, dan listrik.

Hal yang paling menarik bagi masyarakat yang ingin berkunjung kesana tentu saja spot viewing deck, dimana pengunjung dapat berswafoto dan menikmati pemandangan Kawasan Dukuh Atas.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5398 seconds (0.1#10.140)