Fahira Idris Minta Bukti Permukaan Tanah Jakarta Alami Penurunan

Kamis, 25 Juli 2019 - 21:06 WIB
Fahira Idris Minta Bukti Permukaan Tanah Jakarta Alami Penurunan
Fahira Idris Minta Bukti Permukaan Tanah Jakarta Alami Penurunan
A A A
JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, DKI Jakarta, Fahira Idris meminta pembuktian kepada pakar atas prediksi penurunan permukaan tanah di Jakarta. Data yang menyebutkan tiap tahunnya Jakarta alami penurunan permukaan tanah harus dikaji lebih lanjut agar masyarakat dapat melihat secara rinci.

"Itu kan perlu kajian lebih lanjut. Kalau saya lihat kajiannya seperti apa, penurunannya seperti apa, belum ditayangkan ke masyarakat. Masyarakat belum terlalu percaya juga dengan hal itu," ungkap Fahira Idris ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Berdasarkan catatan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA), Jakarta mengalami penurunan muka tanah 5 - 12 cm per tahun. Jika hal ini dibiarkan, Jakarta akan semakin rentan terkena bencana banjir yang disebabkan pasangnya air laut.

Selain itu, pakar penurunan tanah dari Institut Teknologi Bandung, Profesor Heri Andreas menyebutkan, penurunan permukaan air di Jakarta juga akan mengakibatkan bencana lain, yakni adanya indikasi kota Jakarta tenggelam lebih cepat dibandingkan kota-kota lain di dunia.( Baca Juga: Baca: Jakarta Bakal Tenggelam Lebih Cepat dari Kota Mana Pun di Dunia
"Kita selalu menyuarakan bahwa kita tidak setuju (pemindahan Ibu Kota) tapi permasalahannya DPD itu kan jumlahnya 136 orang nantinya kalau dilantik. Jadi suara kami ini belum tentu mewakili suara DPD secara bulat setuju atau tidak setuju. Saya mau selidiki dulu berapa persen yang setuju," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7950 seconds (0.1#10.140)