Ditlantas Polda Metro Jaya Terus Kembangkan Teknologi ETLE

Senin, 01 Juli 2019 - 14:45 WIB
Ditlantas Polda Metro...
Ditlantas Polda Metro Jaya Terus Kembangkan Teknologi ETLE
A A A
JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya mengklaim teknologi tilang elektronik atau Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) saat ini jauh lebih canggih dibanding yang terpasang pada Oktober tahun lalu. Jumlahnya juga lebih banyak, yakni 10 titik di ruas Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin.

“Sejak Oktober 2018 sampai sekarang kami telah mengembangkan teknologi yang terpasang. Tidak hanya kualitas kameranya, kemampuannya, tapi penempatannya juga,” ujar Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazlurrahman, di Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya, Senin (1/7/2019).

Kamera Closed Circuit Television (CCTV) ETLE tahun lalu, kata Arif, hanya di dua titik yang terpasang, yakni di persimpangan Sarinah dan Bundaran Patung Kuda. Pelanggaran yang terekam di dua titik itu juga hanya berupa pelanggaran marka jalan dan menerobos traffic light.

Namun upgrade teknologi kemudian dilakukan Ditlantas terhadap kamera CCTV ETLE. Mereka menambahkan beberapa item pelanggaran, seperti ganjil genap. Selain itu, fitur ditambah hingga mampu memperbesar (zoom) hingga ke kabin kendaraan. Tak ayal deteksi pengguna ponsel hingga yang tidak menggunakan sabuk pengaman bisa terlihat jelas.

“Ini sudah bisa terdeteksi oleh kamera kamera yang terpasang di tambahan 10 kamera jalur Sudirman-Thamrin. Itu yg menbedakan dengan tahun lalu,” pungkas Arif.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0754 seconds (0.1#10.140)