Bagi-Bagi THR ke Anak-Anak di Balai Kota, Anies Baswedan Ambil Selipan di Peci

Rabu, 05 Juni 2019 - 12:14 WIB
Bagi-Bagi THR ke Anak-Anak di Balai Kota, Anies Baswedan Ambil Selipan di Peci
Bagi-Bagi THR ke Anak-Anak di Balai Kota, Anies Baswedan Ambil Selipan di Peci
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan THR untuk anak-anak seusai menunaikan Salat Id di halaman Balai Kota, Jakarta. Anies beserta istri Fery Farhati Ganis juga tampak halal bihalal dan bersalam-salaman dengan sejumlah warga.

"Kita baru saja melaksanakan Salat Idul Fitri 1440 Hijriah. Alhamdulillah berjalan lancar. Saya menyampaikan kepada masyarakat Jakarta, selamat Hari Raya Idul Fitri," ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019).

Dalam pembagian THR itu ada yang unik, Anies mengambil uang yang tersimpan di balik peci hitamnya. Dia kemudian menyerahkan uang Rp50.000 yang diterima anak-anak dengan wajah semringah. “Selamat Idul Fitri," ucap Anies ke para anak saat memberikan THR.

Saat ditanya awak media terkait berapa total uang yang dia persiapkan untuk THR, Anies mengungkapkan hanya membagikan kepada 12 anak saja. "Iya lumayan, yang jelas di peci sudah habis. Satu anak saya kasih Rp50.000. Di peci tadi ada 12. Habis terus distok lagi, untung ada ajudan bawa stoknya," kata Anies.

Pembagian THR ini menurutnya bagian dari tradisi halal bihalal. Anak-anak akan senang apabila di hari raya mendapatkan uang. "Anak anak ini akan senang. Biasanya di penghujung hari mereka akan ngitung dapat berapa hari ini uang lebarannya. Ini lagi-lagi tradisi. Kalau kita jaga tradisi ini, insya Allah nantinya anak-anak kita akan lakukan yang sama," ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan itu juga menjelaskan dia menyimpan uang di peci karena baju muslim warna putih yang dikenakannya tidak ada kantong. Dia juga mengenakan sarung berwarna coklat sehingga tidak ada ruang untuk menyimpan uangnya kecuali di dalam peci.

“Karena gak punya kantong, jadi selalu kantongnya di peci. Itu tempat nyimpan uang sekarang, gak ada kantongnya tidak pakai sarung pula," tuturnya.

Rencananya seusai menjalani Salat Idul Fitri dan halal bihalal, Anies akan datang ke Istana Negara untuk bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo. Kemudian, selepas itu akan pulang ke kediamannya di Lebak Bulus. Anies juga akan menggelar open house di rumah dinasnya pukul 15.00 WIB.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6163 seconds (0.1#10.140)