Hadapi Arus Mudik, KCI Menyiapkan 28 Pos Kesehatan dan 96 Tenaga Medis

Jum'at, 24 Mei 2019 - 11:03 WIB
Hadapi Arus Mudik, KCI...
Hadapi Arus Mudik, KCI Menyiapkan 28 Pos Kesehatan dan 96 Tenaga Medis
A A A
JAKARTA - Menghadapi arus mudik dan libur lebaran 2019, PT KCI menambah sejumlah fasilitas di di stasiun-stasiun yang berpotensi terjadi lonjakan penumpang. Tak hanya itu, KCI juga menyiapkan 28 posko kesehatan dan 96 tenaga medis yang akan bekerja secara bergilir.Dirut PT KCI Wiwik Widayanti menjelaskan, pihaknya mengantisipasi kemungkinan kepadatan pengguna jasa di sejumlah stasiun melalui penambahan fasilitas maupun petugas.

Fasilitas yang ditambah, seperti vending machine, loket portable, toilet portable, dan ruang menyusui portable. "PT KCI menyiapkan 236 unit vending machine, 196 Ioket manual, dan 28 loket portable yang akan difungsikan di stasiun-stasiun yang berpotensi terjadi kenaikan jumlah penumpang," katanya kepada wartawan, Jumat (24/5/2019).

Diharapkan melalui penambahan fasilitas dan pelayanan ini antrean bisa diatasi terutama membantu pelanggan musiman yang akan memanfaatkan waktu liburan menggunakan jasa KRL.

Selain itu, KCI juga menyiapkan 11 ruang menyusui portable di Stasiun Bojong Gede, Stasiun Citayam, Stasiun Tebet, Stasiun Sudirman, Stasiun Depok, Stasiun Tangerang, Stasiun Batu Ceper, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, dan khusus Stasiun Bogor sebanyak dua unit.

Demi kenvamanan bagi penumpang, PT KCI juga menambah 12 toilet portable yang akan difungsikan di Stasiun Manggarai tiga unit. Stasiun Sudirman dua unit, Stasiun Lenteng Agung lima unit, Stasiun Citayam satu unit, dan Stasiun Rawa Buntu satu unit.

Sementara itu, Kesiapan SDM di sejumlah Stasiun padat penumpang. PT KCI juga menurunkan seluruh karyawannya untuk ditugaskan secara bergantian mengikuti posko angkutan lebaran yang dimulai pada 26 Mei sampai dengan 16 Juni 2019 guna membantu pelayanan di stasiun.

"Sehingga apabila ada terjadi kepadatan di stasiun, petugas di lapangan dapat langsung mengatur alur penumpang," jelasnya.

PT KCI menyiapkan 28 Pos kesehatan dengan 96 tenaga paramedis, PT KCI juga telah menyiapkan ambulance dan, serta masing-masing 35 unit kursi roda dan tandu di setiap poskes.

Untuk mendukung layanan kesehatan dan pertolongan pertama, PT KCI juga telah bekerja sama dengan sejumlah puskesmas yang terdekat dari Stasiun. Untuk mendukung keamanan PT KCI juga menyiapkan 4.142 personel keamanan siap melayani dan mengamankan para pengguna jasa di 80 Stasiun.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0653 seconds (0.1#10.140)