Puluhan Ribu Warga Kurang Mampu di Tangerang Terima KPM Rp59 Miliar

Selasa, 09 April 2019 - 14:31 WIB
Puluhan Ribu Warga Kurang...
Puluhan Ribu Warga Kurang Mampu di Tangerang Terima KPM Rp59 Miliar
A A A
TANGERANG - Sebanyak 93.924 jiwa warga Kabupaten Tangerang, Banten, menerima bantuan sosial Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahap dua sebesar Rp59 miliar lebih.

Hingga April 2019, sudah Rp159 Miliar uang negara dari Kementerian Sosial dikucurkan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu, di wilayah pimpinan Bupati Ahmed Zaki Iskandar itu.

Sementara se Provinsi Banten, warga yang menerima bantuan PKM pada tahap dua itu sebanyak 312.875 jiwa dengan anggaran Rp210 M lebih, dan total Rp578 Miliar lebih.

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Himpunan Bank Negara (Himbara) harus berperan aktif menyalurkan dana sosial dalam PKM dan Keluarga Harapan (PKH) yang sangat besar.

"Salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang turut berperan, disamping BNI, BTN dan Bank Mandiri dalam penyaluran bansos PKH, khususnya yang di Kabupaten Tangerang," katanya, Selasa (9/4/2019).

Menurut Mensos, masih ditemukan kendala dalam penyaluran dana bansos PKH di lapangan. Sehingga, peran aktif dari Himbara harus leboh digencarkan kembali.

Vice Presiden Divisi Social Enterpreneurship BRI M. Taufik Hidayat membenarkan masih adanya kendala tersebut oleh pihaknya, sebagai penyalur bansos yang meliputi wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

"Untuk itu, bank Himbara, dalam hal ini Bank BRI bersama Kemenkominfo berupaya menyediakan jaringan komunikasi di daerah sulit sinyal, disertai optimalisasi jaringan BRISat yang dimiliki BRI," sambung Taufik.

Selain itu, BRI juga menyiapkan petugas 1.400 orang petugas bansos di seluruh Indonesia yang berperan sebagai jembatan antara pendamping PKH dengan BRI.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8268 seconds (0.1#10.140)