Tahun Ini DKI Akan Revitalisasi Tujuh JPO dengan Desain Instagramable

Jum'at, 01 Maret 2019 - 00:07 WIB
Tahun Ini DKI Akan Revitalisasi Tujuh JPO dengan Desain Instagramable
Tahun Ini DKI Akan Revitalisasi Tujuh JPO dengan Desain Instagramable
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) dengan desain unik di Jalan Sudirman, Jakarta. Rencananya, sejumlah JPO yang akan direvitalisasi juga akan memiliki desain unik yang instagramable agar bisa menjadi ikon baru Jakarta.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menuturkan, bahwa ketiga JPO tersebut tentunya menjadi contoh untuk merevitalisasi JPO lainya yang cukup mengkhawatirkan.

Selain berdesain artistik, failitas lain ketiga JPO tersebut terdapat lampu LED dan lampu sorot warna warni RGB; Papan petuntuk; Railing pengrah; kamera Closed Circuit Television (CCTV) selama 24 jam; Tong sampah dan Lift untuk penyandang disabilitas.

"Pada tahun ini, DKI akan merevitalisasi tujuh JPO menggunakan APBD yang masing-masing JPO memerlukan anggaran sekitar Rp15-18 miliar," katanya kepada wartawan, Kamis (28/2/2019).

JPO yang tengah menjadi prioritas adalah JPO yang rusak berat dan roboh, antara lain JPO Jembatan Gantung di Jalan Daan Mogot, Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan JPO Pasar Minggu, tepatnya seberang Stasiun Pasar Minggu, Jalan Raya Pasar Minggu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

JPO Jembatan Gantung diketahui roboh akibat terhantam truk pada Juli 2017 lalu. Beberapa kali perbaikan, JPO tersebut kembali rusak akibat dihantam sejumlah truk yang melanggar batas tinggi barang.

Sedangkan JPO Pasar Minggu dipilih karena JPO hanya tersisa sejumlah anak tangga sejak roboh akibat angin kencang pada bulan April 2016 silam. Kala itu, JPO roboh karena tidak dapat menahan dorongan angin kencang lantaran tertahan sejumlah reklame berukuran besar yang terpasang di badan JPO.

"Kelima JPO lainnya yang akan dibangun tersebar di Jalan Bintaro Raya dan Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8369 seconds (0.1#10.140)