Layanan Jak Lingko, Transjakarta Buka Tiga Rute Baru

Kamis, 21 Februari 2019 - 00:24 WIB
Layanan Jak Lingko, Transjakarta Buka Tiga Rute Baru
Layanan Jak Lingko, Transjakarta Buka Tiga Rute Baru
A A A
JAKARTA - PT Transportasi Jakarta ( Transjakarta ) terus memperluas layanan dengan dibukanya tiga rute baru untuk Jak Lingko dengan 72 unit bus kecil yang beroperasi.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas Transjakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan, rute Rawa Sengon-Rawamangun (JAK59) mulai melayani masyarakat pada hari Kamis besok dengan 24 unit bus kecil.

Dilanjutkan rute Pulogadung-Cempaka Putih (JAK 61) yang akan beroperasi 24 unit bus kecil pada Jumat 22 Februari 2019. Setelah itu layanan Lebak Bulus-Ragunan (JAK45) pada Selasa 26 Februari.

"Pembukaan rute ini menambah layanan Jak Lingko menjadi 34," kata Nadia di Jakarta, Rabu 20 Februari 2019.

Nadia menambahkan, untuk layanan Jak Lingko rute Lebak Bulus-Ragunan (JAK45), terintegrasi dengan moda transportasi, MRT Jakarta. "Ketika MRT Jakarta beroperasi komersial, Transjakarta berekspansi dengan membuka rute penghubung dengan stasiun MRT," paparnya.

Program integrasi transportasi antar moda Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jak Lingko, telah memiliki sejumlah layanan, yakni Tanjung Priok-Plumpang, Tanah Abang-Kota, Tanah Abang-Kebayoran Lama, Tanah Abang-Pos Pengumben-Kebayoran Lama, Tanah Abang-Meruya, Tanah Abang-Tawakal, Tanjung Priok-Bulak Turi, PGC-Condet, Pulogadung-Senen, Pulogadung-Terminal Senen via Kelapa Gading, Stasiun Duren Kalibata-Kuningan, Pinang Ranti-Setu, Kampung Melayu-Duren Sawit, Lubang Buaya-Cawang UKI, PGC-Dwikora, Penas Kalimalang-Dwikora, Kalisari-Pasar Rebo, Duren Sawit-Rawamangun, Rorotan-Pulogebang, Pasar Rebo-Wiladatika, Tanjung Priok-Rusun Sukapura, Lebak Bulus-Pondok Labu, Citraland-Meruya, Pondok Labu-Blok M, Petukangan-Lebak Bulus, Pulogadung-Kota, Grogol-Tubagus Angke, Semper-Rorotan, Taman Kota-Budi Luhur dan Kampung Rambutan-Pondok Gede.

Hingga Januari 2019, penjualan kartu Jak Lingko telah mencapai 178.003. Naik dibandingkan di akhir Desember 2018 yang tercatat 145.790 kartu.

Dia menjelaskan pengguna transportasi umum bisa mendapatkan kartu Jak Lingko di halte Transjakarta seharga Rp30 ribu dengan saldo Rp10 ribu. Sementara pembelian di rute bus kecil, kartu dijual dengan harga Rp20 ribu.

Dia menjelaskan, untuk memanfaatkan layanan Jak Lingko, masyarakat juga bisa menggunakan kartu tapcash (BNI) dan Jakcard (Bank DKI) di bus kecil.

Nadia menambahkan pengguna layanan Jak Lingko juga terhubung dengan layanan Transjakarta di koridor maupun non koridor. Perwujudkan dari integrasi antar moda transportasi.

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono menuturkan JakLingko sebagai program unggulan Pemprov DKI terus mengalami percepatan dengan pembukaan rute-rute baru.

"Integrasi antarmoda makin menguat dengan program Jak Lingko yang memudahkan warga untuk naik angkutan umum," tutur Agung.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6307 seconds (0.1#10.140)