Jelang Operasional Perdana, LRT Percepat Finishing Stasiun

Jum'at, 11 Januari 2019 - 23:39 WIB
Jelang Operasional Perdana, LRT Percepat Finishing Stasiun
Jelang Operasional Perdana, LRT Percepat Finishing Stasiun
A A A
JAKARTA - Menjelang operasi perdana LRT di bulan Februari 2019 mendatang, PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta tengah mempercepat finishing sejumlah stasiun.

Direktur Utama PT LRT, Allan Tandiono mengklaim saat ini masih ada beberapa pengerjaan akhir yang dilakukan pihaknya. Beberapa proyek itu meliputi pengelapan sejumlah stasiun hingga pemasangan lift.

“Bila ditotal hampir mendekati akhir. Mungkin sekitar 97 persen saat ini,” ucap Allan kepada Koran SINDO, Jumat (11/1/2019).

Sebelumnya rencana operasi LRT sempat bergulir saat perayaan Asian Games 2018 lalu. LRT digadang gadang akan beroperasi di tahun itu seiring dengan perayaan Asian Games. Namun LRT mengalami kendala hingga akhirnya tertunda hingga Februari 2019 ini.

Allan melanjutkan pada operasi perdana ini, LRT menargetkan jumlah penumpang setiap harinya mencapai 10 ribu per orang. Target diyakini akan tercapai lantaran integrasi dengan TransJakarta sudah mencapai kata sepakat, jembatan penghubung (skybridge) akan terpasang di Stasiun Velodrome.

Karena itu rencana rangkaian kereta akan diubah, bila pada tahap uji coba LRT hanya memasang dua rangkaian, maka saat operasi nanti Kereta LRT akan dipasang menjadi empat rangkaian. “Dan secara bertahap kami akan pasang menjadi delapan rangkaian,” kata Allan.

Sementara untuk headtime kereta, perubahan pola dilakukan demi memaksimalkan bobot penumpang, pada jam sibuk seperti pagi-sore. LRT akan dirancang per 5 menit, sedangkan untuk jam renggang maka akan dipasang per 10-15 menit.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3417 seconds (0.1#10.140)
pixels