Jalur Terkena Longsor Diperbaiki, KA Bogor-Sukabumi Kembali Normal

Jum'at, 04 Januari 2019 - 14:15 WIB
Jalur Terkena Longsor Diperbaiki, KA Bogor-Sukabumi Kembali Normal
Jalur Terkena Longsor Diperbaiki, KA Bogor-Sukabumi Kembali Normal
A A A
BOGOR - Sempat terganggu selama 24 jam akibat longsor, pelayanan jadwal Kereta Api (KA) Bogor-Sukabumi kembali normal sejak Jumat (4/1/2018) ini. Saat ini jalur kereta api dinyatakan sudah aman untuk dilintasi.

Executive Vice President Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, menjelaskan, setelah proses perbaikan siang dan malam, kemudian diuji coba menggunakan lokomotif pada Kamis (3/1/2019) sore, maka jalur yang KA relasi Bogor-Sukabumi sudah resmi layak operasi.

"Jalur dinyatakan aman dan sudah bisa dilalui kereta setelah sebelumnya melalui proses uji coba menggunakan lokomotif. Ini artinya, KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi sudah beroperasi normal mulai Jumat ini," katanya.

Menurut dia, gangguan akibat longsor terjadi di empat titik, tapi yang paling parah berlokasi di Kampung/Desa Bojong Menteng, Maseng, Cijeruk, Kabupaten Bogor, dengan kedalaman longsor 7 meter. (Baca juga: Longsor di 4 Titik, Kereta Api Bogor-Sukabumi Hanya Sampai Cigombong)

"Yang jelas saat ini, bagi masyarakat yang biasa menggunakan KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi, sudah dapat memesan tiket Rp80 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp35 ribu kelas ekonomi dengan 6 perjalanan per harinya," jelasnya.

Ia mengatakan, cepatnya proses perbaikan jalur KA Bogor - Sukabumi berkat kerja keras tim PT KAI Daop 1 bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dalam penanganan jalur yang terkena longsor tersebut.

"Ditambah cuaca yang mendukung sehingga tidak dibutuhkan waktu lama untuk pemulihan jalur yang terkena longsor," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6749 seconds (0.1#10.140)