Soal Pembangunan Stadion BMW, DPRD DKI Beberkan 'Dosa' Jakpro

Rabu, 21 November 2018 - 16:01 WIB
Soal Pembangunan Stadion BMW, DPRD DKI Beberkan Dosa Jakpro
Soal Pembangunan Stadion BMW, DPRD DKI Beberkan 'Dosa' Jakpro
A A A
JAKARTA - DPRD DKI Jakarta nampaknya tetap pada pendiriannya agar pembangunan Stadion BMW di Jakarta Utara dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga. DPRD DKI beralasan, PT Jakpro yang ditunjuk Pemprov DKI membangun Stadion BMW punya masalah keuangan.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi tak sependapat Stadion BMW dibangun oleh Jakpro. Ia beralasan Jakpro sangat buruk dalam mengelolah Penyertaan Modal Daerah (PMD). “Jakpro itu punya masalah di keuangan,” ujar Pras kepada wartawan, Rabu (21/11/2018).

Ia mencontohkan seperti tahun lalu, ketika Jakpro meminta PMD sebesar Rp650 miliar untuk mengakusisi 49 persen saham PT Astratel Nusantara di PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja). Namun setahun berlangsung proses akusisi saham gagal sehingga tak ditolerir DPRD.

Ditambah lagi, Jakpro enggan mengembalikan PMD itu dan mengalokasikannya ke proyek lain. "Uang untuk beli saham Palyja sampai hari ini enggak dikembalikan, uangnya kemana?" tanya Prasetio.

Melihat kondisi demikian, DPRD bersikukuh Stadion BMW tetap dibangun Dinas Pemuda dan Olahraga. Terlebih pembangunan itu telah memiliki kajian dan tinggal melakukan lelang.

Kondisi ini tak jauh beda bila nantinya Jakpro yang mengelola, karena pembangunan akan menggunakan kontraktor dan dilelang.

"Kalau pembangunan stadion BMW di Jakpro, maka orientasinya komersil. Beda dengan SKPD, anggaran perawatan bisa langsung dibiayai APBD, sewa akan jauh lebih murah," ucapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7446 seconds (0.1#10.140)