19 Kabupaten/Kota Ikut Ramaikan Festival Budaya Nusantara Tangerang

Minggu, 11 November 2018 - 16:27 WIB
19 Kabupaten/Kota Ikut Ramaikan Festival Budaya Nusantara Tangerang
19 Kabupaten/Kota Ikut Ramaikan Festival Budaya Nusantara Tangerang
A A A
TANGERANG - Pagelaran seni dan budaya Festival Budaya Nusantara 2018 di Kota Tangerang, Banten, berlangsung semarak dan menarik perhatian wisatawan asing.

Acara hari pertama festival yang dipusatkan di alun-alun Tangerang, Lapangan A Yani itu menghadirkan karnaval pakaian adat dari SKPD di lingkungan Pemkot Tangerang dan sejumlah komunitas budaya Nusantara.

Arak-arakan dimulai dari lapangan Ahmad Yani, terus berjalan sambil diiringi musik Betawi, tanjidor, hingga menuju ke gedung pusat pemerintahan Kota Tangerang. Setiba di gedung Pemkot Tangsel, ada atraksi.

Tampak tarian kolosal Anggana Raras, Tari Liong Vihara Bun San Bio, Barongsai, dan Tangerang Fashion Carnival hingga Marching Band Tya Dita sukses menghibur masyarakat yang turut hadir di acara itu.

Pusat acara di panggung Festival Nusantara 2 turut menampilkan atraksi dari kota dan kabupaten lain seperti Lebak, Serang, Pandeglang, dan luar Banten, yakni Kediri.

Tidak hanya Kediri, Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan juga tampil di festival ini dengan menghadirkan Makassar Fashion Carnival. Suasana meriah ini, menarik minat turis asing untuk datang.

"Acara ini sekaligus memperingati Hari Pahlawan Nasional. Pesertanya ada sekira 2.100 orang dengan 51 rangkaian," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, kepada Koran SINDO, Minggu (11/11/2018).

Dilanjutkan Arief, ada yang istimewa dalam pagelaran Festival Budaya Nusantara yang kedua di Kota Tangerang ini, yakni terlibatnya sejumlah kota dan kabupaten lain di Banten, dan luar Provinsi Banten itu.

"Dari luar daerah di Indonesia juga hadir memeriahkan festival ini. Semuanya melebur menjadi satu, membanggakan seni dan kebudayaan Indonesia," paparnya.

Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rina Hernaningsih menambahkan, sedikitnya ada sebanyak 19 kabupaten dan kota, serta 9 cheef yang ikut dalam festival kebudayaan Nusantara ini.

"Kesembilan cheef ini akan menunjukkan keahliannya dalam membuat masakan khas Provinsi Banten. Untuk tenant-tenant dan stand juga lebih banyak," sambungnya.

Rencananya, Festival Budaya Nusantara ini dilangsungkan selama lima hari, mulai 11-15 November 2018. Hari pertama dimeriahkan dengan pembukaan parade, lalu diteruskan dengan aneka perlombaan.

Dia berharap, melalui pagelaran ini dunia pariwisata di Kota Tangerang bisa maju lebih pesat. Terutama dalam mendatangkan turis mancanegara. Apalagi, kota ini punya bandar udara terbesar di Indonesia.

"Tadi saya lihat sudah mulai ada turis asing yang datang dan melihat festival ini. Meski jumlahnya belum begitu banyak, saya berharap kunjungan turis ke Kota Tangerang bisa lebih meningkat lagi," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7798 seconds (0.1#10.140)