Isak Tangis dan Rasa Khawatir Keluarga Lepas Kloter 1 Calhaj Tangsel

Sabtu, 28 Juli 2018 - 12:02 WIB
Isak Tangis dan Rasa Khawatir Keluarga Lepas Kloter 1 Calhaj Tangsel
Isak Tangis dan Rasa Khawatir Keluarga Lepas Kloter 1 Calhaj Tangsel
A A A
TANGERANG SELATAN - Kelompok terbang (Kloter) 1 jamaah calon haji (calhaj) asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel), JKG 29, dilepas keberangkatannya ke Tanah Suci melalui titik kumpul di Markas Yon Kavaleri Cobra, Serpong, Sabtu (28/7/2018).

Calhaj yang dilepas berjumlah 385 orang, dengan rincian 174 jamaah laki-laki dan 211 jamaah perempuan. Turut mendampingi Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Calhaj yang berangkat turut diantar oleh segenap keluarga dan handai taulan. Suasana haru begitu terasa saat satu-persatu calhaj menaiki bus yang telah disediakan. Tak sedikit dari mereka menitikkan air mata, bahkan beberapa disertai isak tangis.

"Jaga kesehatan Pak, banyak minum di sana. Kami di sini selalu doakan agar bapak sehat walafiat sampai nanti kembali," ujar seorang perempuan yang merupakan putri dari salah satu calhaj berusia renta, di pintu masuk bus.

Pemandangan haru nampak menghiasi hampir seluruh keluarga yang turut mengantar para calhaj. Mereka beberapa kali berpelukan seolah berat melepas pemberangkatan itu.

"Kami khawatir saja, karena tahu kondisi cuaca di sana sangat terik. Kami yang masih muda saja belum tentu tahan dengan cuaca seperti itu, apalagi yang sudah tua. Tapi kami sudah ikhlas, ini adalah ibadah untuk menjalankan rukun Islam," tutur Mursani (38), saat melepas pemberangkatan kedua orang tuanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie berpesan kepada segenap calhaj agar menaati arahan pemimpin kelompok. Dia juga mendoakan agar seluruh calhaj menjadi haji yang mabrur dan pulang ke Tanah Air dalam kondisi sehat seutuhnya.

"Ikuti arahan pemimpin kelompok di sana. Saya berdoa agar seluruh jamaah menjadi haji yang mabrur sekembalinya ke tanah air," ucapnya.

Total calhaj asal Kota Tangsel mencapai 980 orang. Mereka dibagi 4 kloter pemberangkatan. Kloter 2 JKG 35 akan berangkat pada 31 Juli 2018. Lalu Kloter 3 JKG 52 pada 9 Agustus 2018, dan terakhir Kloter 4 JKG 63 diterbangkan pada 14 September 2018.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6930 seconds (0.1#10.140)