Peringati Hari Bhakti Adhyaksa, Kejari Tangsel Gelar Khitan Massal

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:45 WIB
Peringati Hari Bhakti Adhyaksa, Kejari Tangsel Gelar Khitan Massal
Peringati Hari Bhakti Adhyaksa, Kejari Tangsel Gelar Khitan Massal
A A A
TANGERANG SELATAN - Puluhan anak-anak mengenakan kain sarung terbaring di atas tempat tidur pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (19/7/2018). Didampingi kedua orang tua, bocah-bocah cilik itu tengah mengantre untuk menjalani khitan massal di salah satu ruangan.

Beberapa anak yang dikhitan sempat menangis dan menjerit histeris lantaran takut dengan prosesi itu. Setelah dirayu dan ditenangkan, barulah satu-persatu dari mereka mau berhadapan dengan pisau serta jarum suntik sang dokter.

Di ruangan lain, para pegawai kejaksaan maupun staf RSUD Tangsel berduyun-duyun memeriksakan tensi darah. Mereka mendonorkan darah demi terjaganya ketersediaan stok darah bagi yang membutuhkan.

Kegiatan sosial itu dalam rangka Hari Bhakti Adyaksa ke 58, dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke 21. Sebagai penyelenggara, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangsel menggandeng RSUD Tangsel sebagai pelaksana teknisnya.

"Kegiatan sosial ini berupa khitanan massal dan donor darah, sebagai wujud partisipasi dan empati kami kepada masyarakat, sehingga kejaksaan dapat berfungsi pula secara sosial," ujar Kepala Kejari Tangsel, Bima Suprayoga, di lokasi pelaksanaan khitan dan donor darah.

Selain khitan dan donor darah, Kejari Tangsel akan mengunjungi panti-panti sosial untuk menyerahkan bantuan bagi para penghuninya. "Nanti kami akan mengunjungi panti-panti dan yayasan sosial," imbuh Bima.

Sementara itu, Direktur RSUD Tangsel, Suhara Manullang, menyampaikan, terdapat tiga dokter dan sejumlah perawat yang dilibatkan dalam kegiatan itu. Menurut dia, rumah sakit harus juga aktif terlibat dalam berbagai bakti sosial, termasuk khitanan massal dan donor darah yang dilakukan saat ini.

"Intinya bahwa rumah sakit harus bisa juga berperan dalam kerjasama secara sosial. Salah satunya sekarang bersama Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan," ujar Suhara.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5950 seconds (0.1#10.140)