KCI Keluarkan Multi Trip Baru, Tukar Kartu Lama Sebelum 21 Juli

Minggu, 15 Juli 2018 - 17:39 WIB
KCI Keluarkan Multi Trip Baru, Tukar Kartu Lama Sebelum 21 Juli
KCI Keluarkan Multi Trip Baru, Tukar Kartu Lama Sebelum 21 Juli
A A A
JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meminta masyarakat menukarkan Kartu Multi Trip (KMT) Kereta Rel Listrik edisi lama. Pasalnya, KCI telah mengeluarkan KMT baru.

VP Komunikasi Perusahaan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Eva Chairunisa mengatakan, pemilik KMT dapat melihat nomor seri KMT pada bagian belakang kartu. Bila empat angka pertama KMT miliknya adalah 1001, maka diimbau untuk segera menukarkan kartunya dengan edisi terbaru.

"Sementara pemilik KMT dengan nomor seri empat angka pertama selain 1001 tidak perlu menukarkan kartu miliknya," kata Eva kepada SINDOnews, Minggu (15/7/2018).

Eva menambahkan, pengguna dapat menukaran KMT di seluruh stasiun yang melayani KRL dengan membawa KMT empat nomor seri depan 1001. (Baca Juga: Bersinergi dengan PPD, Kartu Multi Trip Kini Bisa untuk Naik Bus Kota
"Kami sangat anjurkan pengguna segera menukar sebelum 21 Juli agar tidak kesulitan saat 21 Juli sistem baru dioperasikan," lanjutnya.

Kemudian, kata Eva, petugas loket stasiun akan memeriksa status kartu tersebut. Kartu yang akan ditukar perlu memenuhi sejumlah syarat.
KCI Keluarkan Multi Trip Baru, Tukar Kartu Lama Sebelum 21 Juli
"Kartu dapat dibaca oleh sistem tiket elektronik KRL. Tidak terdapat ada transaksi yang belum tuntas di sistem lain, contohnya belum melakukan gate out di parkiran stasiun yang dikelola oleh PT Reska Multi Usaha," jelasnya.

Bila kedua syarat tersebut terpenuhi, petugas akan memindahkan saldo di KMT lama ke KMT baru. Kartu baru ini memiliki masa garansi 30 hari sejak penukaran.

Penukaran ini penting untuk dilakukan karena mulai tanggal 21 Juli 2018 KMT dengan 4 nomor seri depan 1001 tidak dapat melakukan tap in maupun tap out di seluruh stasiun. Hal ini terkait pembaharuan sistem elektronik KRL Jabodetabek dan pengembangan fungsi KMT di masa depan.

Program ini sesungguhnya telah berjalan sejak tahun 2017 lalu. Untuk itu PT KCI mengimbau kembali kepada seluruh pengguna KMT bernomor seri 1001 untuk memanfaatkan program penukaran ini karena tenggat waktu yang semakin dekat. Selain itu program penukaran ini juga tidak dikenakan biaya apapun.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7280 seconds (0.1#10.140)