Anies Baswedan Beberkan Langkah Atasi Banjir di Jakarta Utara

Rabu, 28 Maret 2018 - 14:52 WIB
Anies Baswedan Beberkan Langkah Atasi Banjir di Jakarta Utara
Anies Baswedan Beberkan Langkah Atasi Banjir di Jakarta Utara
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan beberapa bahasan dalam Musyawarah Perencanaan dan pembangunan (Musrenbang) Jakarta Utara. Salah satunya adalah banjir. Khususnya banjir rob yang kerap melanda Jakarta Utara.

"Ya jadi di Jakarta Utara, pesisir pantai, ya Jakutlah secara umum, permukaan tanahnya turun 20 cm per tahun. Konsekuensinya ketika permukaan air laut meninggi, maka air-nya masuk. Ini bukan semata-mata karena air pasang, tapi juga air pasang dan permukaan tanah yang turun," jelas Anies di wilayah Jakarta Utara, Rabu (28/3/2018).

Mantan Mendikbud ini membeberkan langlah-langkah untuk meminimalisir adanya genangan atau rob yang terjadi.
Perbaikan tanggul merupakan solusi pertama guna mengurangi air laut yang naik ke daratan.

"Bila kita tidak secara serius melakukan langkah-langkah, misalnya tanggul harus dibereskan lalu mengurangi pengambilan air tanah. Lalu, mengembalikan air ke dalam tanah. Ini yang harus kita lakukan secara massive, karena itu soal air tanah menjadi penting," lanjutnya.

Anies juga mengakui bahwa di Jakarta Utara belum banyak program pipanisasi yang terwujud. Padahal, kata Anies, program pipanisasi merupakan hal dasar yang amat penting bagi kehidupan.

"Belum banyak (pipanisasi), betul. Saya sampaikan, pertanyaan saya sama pak wali, kita merencanakan banyak hal. Tapi pertanyaan paling sederhana, 'sudahkah pipanisasi air bersih ke tiap rumah tangga itu diprioritaskan?' Kalau belum, itu nomor satu," ujar Anies.

Ia pun mendesak jajaran Pemerintah Kota Jakarta Utara segera mewujudkan pipanisasi. Supaya kebutuhan masyarakat akan adanya air bersih dapat tercapai.

"Karena bagaimana kita bisa berkegiatan kalau dari mulai masak sampai kebutuhan lain jika airnya tidak bersih? Pipanisasi itu dasar. Saya garisbawahi, jangan kita membuat perencanaan pembangunan untuk indah dipandang. Tetapi untuk membuat hidup lebih baik. Lebih baik mulainya darimana? Dari tiap rumah tangga. Gitu," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5329 seconds (0.1#10.140)