Dirut PT Jakpro Akui Pembangunan LRT Jakarta Dikejar Target

Senin, 22 Januari 2018 - 19:35 WIB
Dirut PT Jakpro Akui Pembangunan LRT Jakarta Dikejar Target
Dirut PT Jakpro Akui Pembangunan LRT Jakarta Dikejar Target
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Jakarta Propertindo (JakPro) Satya Heragandhi mengakui pembangunan kereta ringan atau light rapid transit (LRT) sedang kejar target. Bahkan kejar target ini sudah dilakukan sejak Januari 2017.

"Jadi ketika kami mendapatkan penugasan membangun (LRT) melalui Perpres dan Pergub pada Oktober 2016, itukan mulai dibangun Januari 2017, setelah kontrak, proses tender dan sebagainya," ujar Satya kepada wartawan, Senin (22/1/2018).

Diketahui, LRT Jakarta merupakan proyek milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diusahakan oleh PT Jakpro. Menurut Satya, saat proyek LRT mulai dibangun pada awal 2017, itupun sudah melalui percepatan. Sebab biasanya proyek seperti ini harus melalui proses hingga jangka waktu empat tahun. (Baca: Sandiaga Uno Sebut Konstruksi LRT Roboh karena Kejar Target)

"Dicoba dipercepat dalam jangka waktu 1,5 tahun, ini yang sedang kami lakukan. Tapi dalam proses-proses yang kami lakukan ada unsur safety, kualitas tetap harus jadi perhatian utama. Makanya kalau tadi ke lokasi, kelihatan bahwa korban bisa diminimalkan karena adanya peralatan safety yang terpasang," tukasnya.

Satya memastikan pekerja di lokasi proyek sudah memenuhi standar Kesehatan Keselamatan Kerja (K3). Para pekerja sudah dibekali alat pelindung diri, seperti sepatu dan rompi. (Baca: Lima Pekerja Robohnya Beton LRT Dirawat di RS Colombia Asia)

Diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menduga salah satu penyebab ambruknya konstruksi beton LRT yang menghubungkan Kelapa Gading-Velodrome itu akibat dikejar target selesai pertengahan 2018.

"Kalau dikejar target selalu seperti itu, ada saja prosedur yang terlupakan demi efisiensi waktu dan sebagainya," tuturnya. ( Baca: Ini Rentetan Kecelakaan Kerja di Megaproyek LRT dan MRT )
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4915 seconds (0.1#10.140)