Penutupan Jatibaru Merupakan Bagian Rekayasa Lalu lintas

Kamis, 04 Januari 2018 - 22:55 WIB
Penutupan Jatibaru Merupakan...
Penutupan Jatibaru Merupakan Bagian Rekayasa Lalu lintas
A A A
JAKARTA - Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede menegaskan, konsep penataan Tanah Abang di Jalan Jati Baru Raya bersifat sementara. Penutupan sisi timur jalan Jatibaru adalah bagian atau dampak kebijakan pengaturan transportasi di Tanah Abang.

Manggara mengatakan, apabila tidak ada pengaturan seperti saat ini, kemacetan pasti tidak tertangani karena banyaknya kendaraan umum yang harus diatur dengan tangan keras. Bahkan, dengan tangan keras pun tidak bisa karena banyaknya mikrolet yang selalu menunggu saat penumpang turun di pintu stasiun.

Hal itu, kata Manggara, mengakibatkan terjadi antrean mikrolet bisa sampai 5-20 berjejer di sisi barat timur Jatibaru. (Baca Juga: Jalan Jadi Lokasi PKL Tanah Abang, Sandi Apresiasi Kritik Dirlantas
"Kebijakannya adalah malah mengosongkan transport umum dan rekayasa lalu lintas. Akibat rekayasa lalu lintas ada satu sisi jalan yang tak kepakai, kita buatlah itu seperti street market," kata Manggara Pardede dalam focus group discussion (FGD) yang dihelat oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018).

Manggara menjelaskan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tidak pernah menyatakan kebijakan itu bersifat permanen. Transit Oriented Development (TOD) pun akan dipercepat. Menurutnya, kemungkinan sudah mulai 2018 konsep TOD menyeluruh yang terintegrasi dengan konsep TOD PT KAI.

Untuk Blok G sendiri, lanjut Manggara, sudah melebihi batas usia dan akan diremajakan pada 2018. Nantinya, Blok G akan terhubung skybridge dengan blok lainnya. (Baca Juga: Kemacetan Tanah Abang Berkurang Diukur Radius 1 Kilometer
"Sahabat saya pak halim (Dirlantas), kita sudah berdiskusi. Dalam waktu relatif tidak lama, konsep tod akan mulai," tegasnya. (Baca Juga: Polda Minta DKI Kembalikan Fungsi Jalan dan Trotoar di Tanah Abang(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)