Peringatan Hari Ibu, Anies: Bukan Sekadar Peringatan Biologis

Jum'at, 22 Desember 2017 - 09:25 WIB
Peringatan Hari Ibu, Anies: Bukan Sekadar Peringatan Biologis
Peringatan Hari Ibu, Anies: Bukan Sekadar Peringatan Biologis
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Anies Baswedan menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ibu di Lapangan IRTI Monumen Nasional (Monas), Jumat (22/12/2017) pagi.

Dalam sambutannya, Anies menjelaskan bahwa Hari Ibu di Indonesia yang dirayakan pada 22 Desember berbeda dengan di negara lain. "Di Indonesia kita memperingati bukan sekadar memperingati hari ibu biologis, tapi kita memperingati kaum perempuan untuk perjuangan Indonesia," ujar Anies.

Menurut Anies, hal yang diperingati bukan pribadi atau individu semata. Tapi yang diperingati adalah bangkitnya kesadaran tentang kesataraan dan kesempatan bagi kaum perempuan. "Sampai dengan hari ini kita merasakan terobosan keberanian, dan keteguhan kaum perempuan di masa itu," ucap Anies.

Mantan Mendikbud itu juga menyinggung soal sulitnya berjuang menegakkan hak-hak perempuan saat kongres 1989. Dengan keterbatasan fasilitas panitia sukses mengorganisir peserta kongres.

"Jangan membayangkan mengadakan Konvensi Nasional seperti sekarang di mana kita bisa berkomunukasi dengan mudah. Bayangkan pada tahun 1928 tidak ada WhatsApp, tidak ada SMS, handphone, suratpun berminggu-minggu dan mereka berhasil mengorganisir se Indonesia," sebut Anies.

Dari perjuangan itu, kata Anies, rakyat Indonesia harus berbangga kepada para perempuan-perempuan tangguh itu. "Kita perlu bangga sebagai generasi penerus di Indonesia hari ini," tandasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6241 seconds (0.1#10.140)