Tata PKL, Pemkot Jakarta Barat Bakal Bangun Loksem

Selasa, 12 Desember 2017 - 07:27 WIB
Tata PKL, Pemkot Jakarta...
Tata PKL, Pemkot Jakarta Barat Bakal Bangun Loksem
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Barat berencana membangun sejumlah lokasi sementara (loksem) untuk para pedagang kaki lima (PKL). Pembangunan loksem ini bagian dari penataan PKL agar tak mengganggu pejalan kaki di trotoar.

Camat Taman Sari, Firman Ibrahim mengatakan, penanganan PKL cukup dilematis. Satu sisi PKL kerap mengganggu jalan, menyebabkan kemacetan, hingga membuat kesemerawutan. Namun PKL juga membantu masyarakat, dengan menghidupkan ekonomi masyarakat.

“Melihat itu, kami ingin membangun beberapa titik loksem untuk PKL. Tujuannya untuk menata kondisi PKL dan tak mengganggu lalu lintas jalan,” kata Firman ketika dihubungi KORAN SINDO pada Senin, 11 Desember 2017 kemarin.

Firman menuturkan, salah satu yang menjadi masalah yakni, PKL Kota Tua. Kian tahun kondisi PKL Kota Tua tak beraturan, kemacetan terjadi setiap kali musim liburan, pengunjung yang datang membuat pkl menjamur, akibatnya Kota Tua kian semerawut.

Kepala Sudin KUMKMP Jakarta Barat, Nuraini Sylviana mengakui ada sekitar belasan titik loksem yang dirancang pada tahun 2018 mendatang.
“Diajukan kami, tapi masih tunggu rapat dengan Kabag Ekonomi dulu,” ucap Sylvi dikonfirmasi.

Sylvi menuturkan, pembangunan loksem telah disetujui oleh Wali Kota Jakarta Barat, Anas Efendi yang dituangkan melalui surat keputusan (SK). SK ini nantinya menjadi payung pembangunan loksem tahun mendatang.

Kini untuk mencapai hal itu, pihaknya bakal berkoordinasi dengan sejumlah SKPD. Bila disetujui baru dirinya akan mencari sponsor membangun melalui dana CSR sejumlah perusahaan swasta.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0874 seconds (0.1#10.140)