Banyak Normalisasi Sungai di Jakarta Bermasalah

Senin, 13 November 2017 - 16:36 WIB
Banyak Normalisasi Sungai di Jakarta Bermasalah
Banyak Normalisasi Sungai di Jakarta Bermasalah
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan laporan dari Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi terkait masalah normalisasi sungai di daerahnya.

"Ada laporan dari Wali Kota Jaksel. Ada problem normalisasi di beberapa sungai, yang dilaporkan tadi adalah di Kali Pulo," ujar Anies di Balai Kota, Senin (13/11/2017).

Untuk menjawab laporan Wali Kota Jaksel tersebut, Anies menggelar rapat pimpinan terbatas (rapimtas) khusus mengenai normalisasi sungai di seluruh wilayah. Anies meyakini bukan hanya normalisasi Kali Pulo yang bermasalah.

"Ketika ditanya apakah ini (Kali Polo) satu-satunya masalah, tidak, ada banyak masalah. Makanya saya kumpulkan (pimpinan) lalu dibuatkan solusi di tiap-tiap wilayah yang hari ini mengalami kendala dalam normalisasi sungai," tegas Anies.

Anies menambahkan, di beberapa sungai terjadi pendangkalan dan penyempitan, sehingga saat musim hujan tiba, debit air bertambah dan meluber. Belum lagi air banjir kiriman dari daerah penyangga seperti Depok dan Bogor. Oleh karena itu, Anies dan jajarannya butuh waktu yang lebih lama untuk membicarakan masalah normalisasi sungai tersebut.

"Tadi ditunjukkan beberapa wilayah yang seharusnya lebar sungainyaminimal 10 meter, di tempat itu lebarnya ada yang hanya 2 meter. Yang terjadi sudah jelas, potensi banjir menjadi sangat besar. Itu yang terkait dengan normalisasi yang tadi kita bicarakan agak panjang," tutup Anies.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4969 seconds (0.1#10.140)