Bupati Tangerang: Lokasi Pergudangan Petasan Telah Memiliki Izin

Jum'at, 27 Oktober 2017 - 00:33 WIB
Bupati Tangerang: Lokasi Pergudangan Petasan Telah Memiliki Izin
Bupati Tangerang: Lokasi Pergudangan Petasan Telah Memiliki Izin
A A A
TANGERANG - Pemkab Tangerang menyatakan tak ada masalah terakit perizinan dengan lokasi gudang kembang api yang meledak dan terbakar di Kosambi, Kabupaten Tangerang. Pemkab pun sudah memberikan izin manufaktur dan produksi kepada perusahaan tersebut sejak 2016

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menilai tak ada masalah dengan lokasi gudang kembang api yang meledak dan terbakar. "Sebetulnya tempat industri mereka itu dalam kawasan pergudangan. Dan itu diperbolehkan, meski itu dekat dengan permukiman warga," kata Zaki kepada wartawan, Kamis (26/10/2017).

Menurut Zaki, tak ada yang salah jika kawasan pergudangan dibangun berbatasan langsung dengan pemukinan warga. Perusahaan juga diperbolehkan membangun manufaktur di dalamnya.

"Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah memberikan izin manufaktur dan produksi kepada perusahaan itu sejak 2016. Tetapi sekarang, kita fokus pada penanganan korban terlebih dahulu," ungkap Zaki.

Untuk gudang yang hanya memiliki satu pintu, Zaki mengaku tidak mengetahuinya. Menurutnya ada alasan tersendiri mengapa itu bisa satu pintu, yakni lebih kepada persoalan keamanan gudang.

"Saya tidak tahu banyak soal pintu gudang yang hanya berjumlah satu, sehingga pekerja sulit melarikan diri saat ledakan dan kebakaran terjadi. Akses itu sengaja dibuat untuk alasan keamanan," ujarnya.

Zaki berharap kepada Polda Metro Jaya dan Mabes Polri agar segera menurunkan tim DVI (Disaster Victim Identification) ke lokasi terjadinya ledakan di pabrik pembuatan petasan tersebut.

Untuk diketahui ledakan di gudang kembang api, Kosambi, Tangerang, terjadi pada Kamis (26/10/2017) pagi. Polda Metro Jaya menyatakan jumlah korban tewas akibat ledakan ledakan gudang kembang api bertambah menjadi 47 orang. Sedangkan korban selamat berjumlah 46 orang.

"Korban meninggal yang dikirim ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur sebanyak 39 orang, delapan korban tewas lainnya masih dievakuasi. Jadi total korban tewas sebanyak 47 orang," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Kamis (26/10/2017).( Baca: Korban Tewas Ledakan Gudang Petasan di Tangerang Jadi 47 Orang )
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7511 seconds (0.1#10.140)