Jakarta Smart City, Lebih Transparan Berkat Teknologi

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 13:28 WIB
Jakarta Smart City, Lebih Transparan Berkat Teknologi
Jakarta Smart City, Lebih Transparan Berkat Teknologi
A A A
MENJELANG pergantian kepemimpinan, Jakarta tak berhenti berkarya. Pekan lalu, Inspektorat Provinsi DKI Jakarta meluncurkan dua proyek penting: sistem informasi pengawasan bertajuk Si Insan dan sistem pengaduan terpadu yang merupakan kepanjangan dari Si Padu.

Si Insan boleh juga disebut dengan nama keren e-audit. Sementara, Si Padu disebut juga whistleblower. Kedua sistem ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja manajemen audit dan kualitas pembinaan serta pengawasan atas penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kepala Inspektorat DKI Jakarta Zainal menjelaskan, Si Insan dan Si Padu dibuat sebagai sistem yang akan mempermudah pendataan, proses input dokumen, dan bukti pengawasan untuk meningkatkan mutu hasil pengawasan serta mencegah adanya tindak pidana korupsi.

Si Padu dimanfaatkan untuk melaporkan pengaduan yang dianggap terkait tindak pidana korupsi. Sementara, sistem e-audit Si Insan untuk mengawasi banyaknya dokumen yang saat ini ada di Pemprov DKI Jakarta.

“Karena pengawasan dokumen atau data-data itu akan lebih sulit kalau dilakukan secara manual sehingga harus memanfaatkan e-audit,” katanya kepada SINDO Weekly di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu lalu.

Kedua program berbasis elektronik ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem elektronik lain yang telah terbangun seperti e-budgeting, e-planning, e-procurement, dan lainnya. Data di dalam sistem tersebut nantinya tersaji secara real time (waktu nyata) dan online (daring). “Setiap ada transaksi, setiap kejadian dan kegiatan harus dicatat,” paparnya.

Apakah dampak sejumlah terobosan/inovasi tersebut dapat dirasakan masyarakat secara langsung. Dapatkan informasi selengkapnya di Majalah SINDO Weekly Edisi Nomor 33 Tahun 6, 2017 yang terbit Senin (16/10/2017).

Jakarta Smart City, Lebih Transparan Berkat Teknologi

(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6782 seconds (0.1#10.140)