Lima Kawanan Perampok Sadis Dilumpuhkan di Bekasi dan Bogor

Senin, 18 September 2017 - 19:30 WIB
Lima Kawanan Perampok Sadis Dilumpuhkan di Bekasi dan Bogor
Lima Kawanan Perampok Sadis Dilumpuhkan di Bekasi dan Bogor
A A A
BEKASI - Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Metro Bekasi terpaksa melumpuhkan lima spesialis perampokan sadis dengan timah panas pada bagian betis lantaran melawan saat akan disergap di wilayah Bekasi dan Bogor pada Minggu (17/9) malam.

”Enam orang yang kami amankan, lima di antaranya terpaksa ditembak di bagian kaki karena melawan petugas,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Asep Adi Saputra kepada wartawan, Senin (18/9/2017).

Kapolres menyebutkan, keenam tersangka merupakan kawanan perampok sadis yang biasa beroperasi di kawasan industri. Keenam tersangka yakni M(35), J (30), MW (40), K (34), A (29), dan AA (27). Sementara satu tersangka lain, E (27) meloloskan diri dari segergapan petugas dan saat ini menjadi buronan petugas. ”Otak perampokan adalah J dan K,” kata Kapolres.

J dan K yang merancang perampokan selama ini merupakan residivis kasus perampokan di berbagai tempat. Terakhir beraksi, kawanan ini merampok sebuah pabrik dan kantor pengelola Kawasan MM2100 di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Namun mereka hanya menggasak uang tunai Rp12 juta dan kamera digital di pabrik. Sementara saat beraksi di kantor pengelola MM2100, kawanan ini berhasil digagalkan oleh petugas keamanan setempat. ”Di pabrik mereka beraksi Kamis, 17 Agustus lalu, sedangkan di kantor pengelola Senin, 28 Agustus,” katanya.

Asep menjelaskan, tersangka merupakan kawanan perampok yang dikenal sadis. Mereka tidak segan melukai korbannya bila ada perlawanan. Untuk itu, dalam setiap aksinya mereka selalu dibekali sepucuk senjata air shoft gun dan senjata tajam golok.”Senjata itu digunakan untuk melukai korbanya,” ungkapnya.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi, AKBP Rizal Marito, menambahkan, modus operasi tersangka adalah berkeliling ke kawasan industri untuk mencari pabrik yang lemah pengawasan. Saat mendapat sasaran, mereka lalu melakukan pengintaian dan memetakan lokasi kejadian.

Saat situasi sudah aman mereka langsung masuk ke pabrik. Titik utama yang mereka tuju adalah melumpuhkan petugas keamanan terlebih dahulu dengan mengikat dan menyekapnya di kantor.”Mereka berbagi peran untuk melakukan aksi perampokan sadis,” jelasnya.

Kawanan perampok ini berhasil diringkus setelah petugas mempelajari rekaman kamera CCTV dan mengolah tempat kejadian perkara (TKP). Dari olah TKP itu, petugas berhasil mengidentifikasi seluruh tersangka.
Kemudian petugas mendapatkan informasi para pelaku bersembunyi di daerah Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor.

”Saat ditangkap lima tersangka menyerang petugas , sedangkan satu pelaku lagi menyerah. Untuk yang buron, E masih diburu,” katanya.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Beat B 4876 FKG, sepucuk senjata air softgun tipe MP 654K, sebilah golok, dua penutup kepala, lima jenis ponsel, satu brankas, dan sebuah lakban bekas pakai.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan dan bakal dihukum penjara di atas lima tahun.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7607 seconds (0.1#10.140)