Dikawal Voorijder, Waktu Tempuh Transjabodetabek Bekasi-Senayan 70 Menit

Kamis, 07 September 2017 - 19:49 WIB
Dikawal Voorijder, Waktu Tempuh Transjabodetabek Bekasi-Senayan 70 Menit
Dikawal Voorijder, Waktu Tempuh Transjabodetabek Bekasi-Senayan 70 Menit
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan melakukan uji coba bus Transjabodetabek kelas premium rute Mega Bekasi Hypermall-Plaza Senayan, Kamis (7/9/2017). Dalam uji coba ini waktu tempuh dari Bekasi Barat hingga Plaza senayan hanya 70 menit. Padahal, normalnya lebih dari dua jam.

Waktu tempuh yang hanya 70 menit ini tak lepas dari kawalan voorijder Unit PJR Korlantas Mabes Polri. Direktur Strategi Bisnis Unit Transjabodetabek Perum PPD Waryantini mengatakan, pengawalan dari voorijder kepolisian ini hanya semnetara.

”Sambil menunggu Jalur Khusus Angkutan Umum (JKAU) di tol, armada dikawal petugas,” kata Waryantini pada wartawan dalam uji coba bus Transjabodetabek premium tersebut, Kamis (7/9/2017).

Meski nantinya tak lagi dikawal, Waryantini tetap yakin waktu tempuh Bekasi Barat-Plaza Senayan tetap lebih singkat dibanding menggunakan kendaraan pribadi. Soalnya pemerintah telah menyediakan JKAU di bahu jalan.

"Diperkirakan waktu tempuh angkutan massal ini selama 1,5 jam. Berbeda dengan menggunakan kendaraan pribadi bisa mencapai 2 jam," ujarnya. Waryantini mengungkapkan, untuk Transjabodetabek premium ini PPP mengerahkan tiga armada.

Namun, penambahan armada tersebut akan disesuaikan dengan animo masyarakat yang menggunakan layanan Transjabodetabek rute Bekasi Barat-Plaza Senayan tersebut.

Sementara itu salam uji coba, bus berpenumpang 34 orang ini tetap tersendat di ruas Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Dalam Kota. Padahal saat itu, bus sudah dikawal petugas dan menggunakan bahu jalan.

Pasalnya, masih banyak kendaraan pribadi yang ikut memakai bahu jalan untuk menghindari kemacetan. Meski demikian, waktu tempuhnya memang lebih singkat yakni selama 70 menit dari Bekasi sampai Senayan. Arus lalu lintas mulai lancar saat melewati Kuningan, Jakarta Selatan. Bus ini keluar di Gerbang Tol Semanggi menuju putaran Senayan dan halte Plaza Senayan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3706 seconds (0.1#10.140)