Heboh, Nama Jalan Dewi Sartika di Bekasi Berubah Jadi Dewi Persik

Selasa, 08 Agustus 2017 - 07:23 WIB
Heboh, Nama Jalan Dewi...
Heboh, Nama Jalan Dewi Sartika di Bekasi Berubah Jadi Dewi Persik
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menduga ada hacker atau peretas perangkat lunak yang mengubah-ubah nama jalan di wilayahnya. Sebab, nama jalan yang diambil dari salah satu pahlawan Nasional ini, justru diubah menjadi nama pedangdut tanah air.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, ada pihak yang jahil mengubah nama Jalan Dewi Sartika menjadi Jalan Dewi Persik di perangkat aplikasi Google Maps. ”Atas perbuatan tersebut, kami tidak bisa terima begitu saja perbuatan pihak tersebut,” katanya kepada wartawan, Senin (8/8/2017).

Rahmat mengaku, telah memperoleh kabar adanya perubahan nama itu sejak Sabtu 5 Agustus 2017 lalu dari aparatur di Kota Bekasi. Saat itu, pegawainya melapor bahwa nama Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur berubah nama menjadi Jalan Dewi Persik.

Bahkan, kata dia, pemerintah sudah membuat surat kepada pihak berwenang dalam aplikasi itu untuk meminta klarifikasi dan tujuan mengganti nama Jalan Dewi Sartika menjadi Jalan Dewi Persik. ”Mau ngasih nama jalan saja butuh waktu dan proses, masak ini main diganti-ganti saja,” tegasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bekasi, Titi Masrifahati mengaku belum mengetahui alasan operator Google mengubah nama jalan tersebut. Saat ini pihaknya telah melayangkan surat permintaan klarifikasi adanya perubahan nama jalan tersebut.

”Saya sempat kontak operatornya langsung, tapi belom direspon,” ungkapnya. Saat ini, Pemkot Bekasi telah melacak 100 pengguna aplikasi Google Maps yang pertama kali menemukan perubahan nama jalan ini. Tujuannya sebagai lampiran protes pada pihak Google atas perubahan nama ini.

Titi menduga, nama jalan itu diubah oleh hacker atau tangan usil yang tidak bertanggung jawab. Motif perubahan nama itu, Titi juga belum mengetahuinya. Sejauh ini pihak Google, tambah Titi, telah menerapkan sistem ‘open source’ yang memungkinkan publik memberikan masukan atas konten layanan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana menyatakan, pemerintah daerah tidak pernah mengganti nama jalan tersebut. Menurutnya, sejak puluhan tahun silam, nama ruas jalan itu adalah Jalan Dewi Sartika. ”Ini yang kami sangat sayangkan,” katanya singkat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0824 seconds (0.1#10.140)