Pembangunan Jalan di Jakarta Tak Efektif Kurangi Macet

Rabu, 02 Agustus 2017 - 14:39 WIB
Pembangunan Jalan di Jakarta Tak Efektif Kurangi Macet
Pembangunan Jalan di Jakarta Tak Efektif Kurangi Macet
A A A
JAKARTA - Pengamat Transportasi dari Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan angkat bicara soal kemacetan lalu lintas yang hampir setiap hari terjadi di ibu kota.

Ia pun menagih janji Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk bisa mengatasi kemacetan. Apalagi kemacetan makin parah dengan adanya sejumlah proyek pembangunan.

"Pak Djarot (Gubernur DKI) tidak ada kegiatan yang serius mengatasi macet. Mengatasi (angkutan kota) yang ngetem saja tidak benar, malah proyek bangun jalan," kata Tigor saat dihubungi SINDOnews, Rabu (2/8/2017).

Tigor menyoroti ada dua hal yang membuat kemacetan semakin parah. Salah satunya pengelolaan angkutan umum yang belum menarik minat masyarakat sehingga warga masih mengandalkan kendaraan pribadi untuk bepergian.

Ia juga mempertanyakan peruntukan jalan-jalan yang baru dibangun. Apakah jalan-jalan baru tersebut bisa menurunkan angka kemacetan atau justru makin menambah semrawut.

"Jakarta macet bukan karena kurang jalan. Karena kurang angkutan umum yang bagus," katanya.

Azas Tigor menegaskan, Pemprov DKI kurang kebijakan yang bisa mengatur atau mengendalikan kendaraan pribadi. "Jangan malah membangun jalan. Pemprov harusnya memperbaiki angkutan umum agar warga tidak menggunakan kendaraan pribadi," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6783 seconds (0.1#10.140)