Setu Babakan Dinilai Terlalu Kecil untuk Event Sekelas Lebaran Betawi

Senin, 31 Juli 2017 - 01:01 WIB
Setu Babakan Dinilai Terlalu Kecil untuk Event Sekelas Lebaran Betawi
Setu Babakan Dinilai Terlalu Kecil untuk Event Sekelas Lebaran Betawi
A A A
JAKARTA - Antusiame masyarakat DKI Jakarta untuk menghadiri Lebaran Betawi ke-10 di Setu Babakan, Srengsen Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, ternyata di luar ekspektasi panitia pelaksana. Bahkan jumlah pengunjung dianggap melebihi kapasitas Setu Babakan yang memiliki lahan seluas 30 hektare.

Sekretaris Departemen Seksi Bazar Panitia‎ Lebaran Betawi 10, Riza Makmur, mengatakan, pengunjung yang hadir di Setu Babakan terlihat berdesak-desakan karena sudah melebihi kapasitas lokasi. "Area Setu Babakan terlalu sempit untuk penyelenggaraan event sekelas Lebaran Betawi. Pengunjung membludak, over capacity," ujarnya di Setu Babakan, Minggu (30/7/2017).

Untuk itu, pihaknya berharap perluasan Setu Babakan bisa dilaksanakan segera agar pelaksanaan Lebaran Betawi di wilayah ini bisa dilakukan kembali pada tahun depan. "Harapannya diperluas dan ditata lebih baik lagi yang melibatkan stakeholder perkampungan Betawi Setu Babakan, termasuk masyarakat sekitar," pungkasnya.

Ketua ‎Sekretariat Humas Lebaran Betawi, Moch Ridwan, sebelumnya melaporkan, selama tiga hari penyelenggaraan Lebaran Betawi yang baru pertama kali dipusatkan di Setu Babakan, jumlah pengunjung di luar ekspektasi panitia. Target awal jumlah pengunjung hanya sekitar 2.000 per hari.

"Satu harinya saja sudah sampai puluhan ribu. Selama tiga hari penyelenggaraan acara ini diperkirakan pengunjung lebih dari 50.000," ujar pria yang akrab disapa Boim ketika ditemui SINDOnews di sela-sela acara Lebaran Betawi di Setu Babakan, Minggu (30/7/2017).

Atas capaian ini, Boim mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi Widodo, Pemprov DKI, dan masyarakat yang telah hadir untuk menyemarakkan acara Lebaran Betawi ini.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7942 seconds (0.1#10.140)