Macet Parah, Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Contra Flow

Jum'at, 23 Juni 2017 - 11:38 WIB
Macet Parah, Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Contra Flow
Macet Parah, Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Contra Flow
A A A
BEKASI - Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek memberlakukan contra flow atau rekayasa lalu lintas kendaraan dengan melawan arus ke arah timur atau Cikampek sejauh 17 kilometer. Sebab ruas tol tersebut mengalami kepadatan saat arus mudik Lebaran pada H-2.

”Kita berlakukan 17 kilometer contra flow,” ujar Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso kepada SINDOnews, Jumat (23/12/2017). Menurut dia, terdapat dua titik rekayasa lalu lintas di ruas tol tol Jakarta–Cikampek.

Titik pertama di KM 13 sampai KM 21 dan KM 32 sampai KM 41. Bila diurai, panjang dari contra flow ini mencapai 17 kilometer. Adapun tujuannya untuk mengurai kepadatan kendaraan yang terjadi di KM 14 dan KM 36. ”Contra flow kita berlakukan sejak pukul 09.25 pagi,” katanya.

Namun, kata dia, bila kepadatan mulai mencair, arus akan dikembalikan secara normal. Contra flow dilakukan dengan cara membuka pembatas jalan atau barrier di ruas tol, sehingga kendaraan yang mengarah ke Cikampek menggunakan lajur empat di arah sebaliknya.

Di tiap sisi kanannya, terdapat kerucut lalu lintas untuk memberi tanda batasan lajur yang boleh digunakan. Contra flow itu juga dibantu oleh petugas gabungan dari Polda Metro Jaya dan Mabes Polri serta Jasa Marga. ”Kita kordinasi dengan pihak kepolisian dalam rekayasa lalu lintas,” ungkapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6871 seconds (0.1#10.140)
pixels