Soal Transportasi, Anies Andalkan Oke Otrip yang Terintegrasi

Rabu, 12 April 2017 - 22:38 WIB
Soal Transportasi, Anies Andalkan Oke Otrip yang Terintegrasi
Soal Transportasi, Anies Andalkan Oke Otrip yang Terintegrasi
A A A
JAKARTA - Kandidat Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Baswedan akan mengandalkan konsep Oke Otrip untuk mengatasi persoalan transportasi Ibu Kota. Dengan konsep ini, seluruh moda transportasi di Ibu Kota akan terintegrasi atau tersambung.

"Kita akan integrasi dalam konsep Oke Otrip sehingga kedepannya, semua moda transportasi akan terhubung sehingga biaya lebih murah," kata Anies dalam debat Pilgub DKI putaran kedua di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Penjelasan Anies tersebut sekaligus menjawab pertanyaan perwakilan dari masyarakat transportasi, Daryono terkait persoalan ongkos transportasi di Jakarta yang mahal dan keinginan warga untuk menikmati transportasi gratis di DKI.

Menurut Anies, biaya transportasi warga DKI Jakarta rata-rata per bulan sekitar 30% dari total biaya kebutuhan hidup. Dengan konsep Oke Otrip, Anies menginginkan agar seluruh moda transportasi di DKI tersambung dari mikro ke makro dalam satu sistem, dan satu harga Rp5 ribu untuk semua jurusan.

Selain biaya, Anies juga akan mengintegrasikan manajemen transportasi dan memperhatikan kesejahteraan penyelenggara transportasi. "Itu subsidi yang kita berikan bukan hanya untuk Transjakarta, tetapi semua. Dengan begitu biaya murah bisa ke mana saja dan nyaman. Pemerintah yang menaggung ongkosnya," terangnya.

Mantan Mendikbud ini menambahkan, cara pemerintah Jakarta mengatur rute trayek saat ini tidak mencerminkan kebutuhan warga. Banyak trayek kendaraan umum yang tidak sesuai dengan tujuan warga, bahkan tidak terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. "Kita akan menyesuaikan," terang Anies.

Anies juga akan mengajak pihak transportasi online untuk bersama mengatasi persoalan transportasi Ibu Kota. "Kita akan memastikan proses ini tidak top down tapi bottom up," tuturnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7438 seconds (0.1#10.140)