PT KCJ Hapus Sejumlah Perjalanan KRL Commuter Line

Kamis, 30 Maret 2017 - 23:06 WIB
PT KCJ Hapus Sejumlah Perjalanan KRL Commuter Line
PT KCJ Hapus Sejumlah Perjalanan KRL Commuter Line
A A A
JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) membuat grafik perjalanan kereta api (Gapeka) terbaru mulai 1 April 2017 mendatang. Dalam gapeka baru tersebut sejumlah perjalanan KRL Commuter Line relasi Manggarai-Kampung Bandan, Jakarta Kota-Kampung Bandan, serta Tangerang-Duri dihapus.

"Kami harus menyesuaikan dengan lintas manggarai, delapan perjalanan relasi Bekasi-Jakarta Kota diubah loop line-nya. Sementara di relasi Duri Tangerang ada yang kami hapus," ungkap Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nur Fadhila saat menggelar konpres di ruang 202, Stasiun Juanda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).

Kebanyakan jalur yang dihapus, yakni feeder Manggarai-Kampung Bandan yang semula 36 perjalanan di 2016, menjadi hanya 5 perjalanan pada 2017 ini. Setelah itu disusul lintas Tangerang-Duri dari 93 perjalanan menjadi 78 perjalanan.

Disusul feeder Jakarta Kota-Kampung Bandan yang semula menjadi 52 perjalanan menjadi 36 perjalanan. Meski beberapa di antaranya ada yang dihapus, namun dalam Gapeka 2017 ini, PT KCJ mendapatkan tambahan 12 perjalanan, dari 886 perjalanan di tahun 2016.

Karena itulah beberapa perjalanan yang terhapus, dialih ke beberapa lintas lain yakni, loop line Bogor (Bogor-Jatinegara) sebanyak 15 perjalanan, Bogor Central (Bogor-Jakarta Kota) 11 perjalanan, Serpong 35 perjalanan, Tanjung Priok-Jakarta Kota 14 perjalanan dan yang terakhir Bekasi - Jakarta Kota satu perjalanan.

Fadhila melanjutkan, sekalipun saat peluncuran KA Bandara nantinya masih ada 80 slot perjalanan kereta antara Manggarai-Tanah Tinggi yang kosong, namun KCJ sendiri enggan mengisi slot tersebut.

"Kami kan harus menyesuaikan, jadi bila nantinya akan beroperasi sudah siap," tambah Fadhila. Terkait banyaknya lintas Tangerang-Duri yang dihapus, Fadhila menuturkan, PT KCJ sudah mengantisipasinya, rencanaya demi mengakomodir kereta di lintas itu, KCJ berencana akan menambah relasi Tangerang-Duri dari delapan rangkaian menjadi 10 rangkaian.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4053 seconds (0.1#10.140)