Diguyur Hujan Lebat, Jalur Puncak Diterjang Longsor

Rabu, 15 Februari 2017 - 20:04 WIB
Diguyur Hujan Lebat, Jalur Puncak Diterjang Longsor
Diguyur Hujan Lebat, Jalur Puncak Diterjang Longsor
A A A
BOGOR - Hujan lebat yang tak kunjung reda di wilayah Bogor, khususnya kawasan Puncak (hulu Sungai Ciliwung) membuat tebing setinggi 10 meter di kawasan Hutan Pinus tak jauh dari Riung Gunung-Puncak Gunung Mas, jalur Puncak kembali diterjang longsor.

Akibatnya, arus lalu lintas yang kebetulan sejak siang hingga sore hari dipadati puluhan ribu kendaraan karena libur Pilkada serentak, membuat antrean kendaraan atau kemacetan dari kedua arah semakin panjang.

Bahkan longsor kali ini hampir menutupi seluruh badan jalan. Namun demikian, petugas Satuan Lalu Lintas Polres Bogor bersama petugas Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Cibodas, Cianjur yang sudah standby selama sepekan terakhir ini berhasil membuka jalur hingga bisa dilewati kendaraan secara bergantian.

"Ya betul barusan terjadi longsor di Pasar, tepatnya di kawasan Gunung M, hutan pohon Pinus. Longsor kali ini menutup sebagian badan jalan hanya dapat dilaksanakan jalan satu arah," kata Kasubbag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena, Rabu (15/02/2017).

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini hingga pukul 17.43 WIB, petugas Satlantas dibantu Dinas Pekerjaan Umum melakukan evakuasi reruntuhan tanah dan bebatuan yang menutup sebagian badan jalan.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama saat ditemui di Pos Polisi IIB simpang Gadog, Ciawi-Megamendung, Puncak, Bogor sempat mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi terjadinya longsor di beberapa titik di kawasan Puncak.

"Meski bukan libur panjang atau akhir pekan jika situasi seperti sore ini, maka rekayasa lalu lintas one way akan diberlakukan hingga malam hari dengan memprioritaskan kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta. Semula kita akan berlakukan situasional, tidak one way sesuai jadwal sebagaimana yang telah diatur," kata AKP Hasby.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4905 seconds (0.1#10.140)